Rumah Minimalis dari Kayu

Seringkali ditemui banyak bangunan rumah manapun yang terbuat dari semen dan susunan batu bata dan batang besi yang kecil dan tinggi. Namun pada bebrapa rancangan desain arsitektur ini menggunakan kayu untuk membuat rumah, layaknya rumah tradisional Indonesia seperti dinding rumah toraja, rumah untuk suku Dayak, dan lain sebagainya. Hal ini justru diaplikasikan pada rumah untuk era modern yang memberi kesan unik meski begitu langka. Mungkin ada yang hanya bagian atapnya saja atau sebagian dinding saja yang menggunakan bahan kayu yang bersusun secara berjajar. Bahkan ada sebagian kecil rumah ada yang hampir keseluruhan menggunakan kayu yang telah di cat dengan cat pelitur itu.

Rumah Kayu Minimalis

Rumah kayu atau biasa disebut dengan rumah panggung ini umumnya sudah jarang digunakan pada perkotaan. Hanya dapat ditemui pada daerah pedalaman desa terpencil. Namun di era modern ini malah digunakan dengan pengecatan berkualitas dan terlihat begitu mengkilap dan bersih. Pada sisi kiri dan kanan kayu dibentuk ukiran seperti tangga kecil dan ada pula yang membentuk tumpul agar tidak begitu monoton dalam penataannya. Namun penamaan rumah kayu di era modern ini bukan rumah kayu, melainkan salah satu dari rancangan desain rumah minimalis bernuansa kayu yang memiliki kesan menyatu pada lingkungan meski tak semuanya melulu berbahan kayu. Juga disatukan dengan bahan besi, bebatuan atau kaca.

Namun sayangnya rumah kayu modern berukuran sederhana ini hanya banyak ditemukan di beberapa negara benua Eropa dan Amerika. Jarang sekali dijumpai di Indonesia rumah modern kayu yang masih terlihat begitu artistik. Kelangkaan inilah yang akan membawa kesan rumah yang memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. Meski begitu, setidaknya telah ada yang menggunakan, mungkin bagian pagar kayunya, atau sebagian atap dan fondasinya agar tampak bervariasi. Namun dalam tatanan juga harus dikemas rapi dan baik agar tetap elegan dan berkualitas tinggi. Selain itu kayu tetap bertahan lama dan terhindar dari pengikisan akibat rayap. Jadi boleh – boleh saja mendesain rumah model kayu, namun pengerjaan juga perlu diperhatikan dan dikerjakan dengan baik.

Posting Komentar

Copyright ©