31 Januari 2017

Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar para pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragraf deskripsi ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Aspek yang digambarkan bisa tentang keindahan alam, keadaan jasmani, watak, atau perasaan seseorang.

Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi


Paragraf deskripsi ini juga bisa disebut sebagai hasil observasi (pengamatan) melalui pancaindra yang diungkapkan dengan kata-kata.

Contoh Paragraf Deskripsi


Contoh 1

Kali kecil di depan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong plastik dan botol plastik bekas. Kotoran-kotoran itu terlihat menghambat laju air mengalir dan membuat air tergenang. Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung.

Contoh 2

Sudah lama aku tidak berjumpa dengan nenek. Nenek tampak semakin tua. Kerutan di wajahnya semakin banyak. Kepalanya pun sudah dipenuhi uban. Padahal, dua tahun lalu baru sebagian rambut nenek yang beruban. Saat berjalan, nenek lebih membungkuk. Ia membutuhkan bantuan tongkat untuk menyangga tubuhnya. Nenek pun berjalan dengan sangat pelan dan hati-hati.

Contoh 3


Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.

Contoh 4


Jangan terkecoh membeli ikan. Kadang-kadang kita kecewa membeli ikan. Disangka masih baru ternyata sudah busuk. Caranya supaya tidak terkecoh? Ikan yang segar dagingnya masih keras kalau dipegang. Sisiknya atau kulitnya masih mengilap, insangnya berdarah merah segara. Matanya masih bening. Kalau sudah tidak sesuai dengan ciri-ciri berarti ikan itu sudah busuk.

Contoh 5


Pemandangan Pantai Pangandaran sangat memesona. Di sebelah kanan terlihat perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan dengan beraneka perahu tradisional. Selain itu, di sisi kanan pun terdapat hutan cagar alam Pananjung yang dipakai sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata. Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, penginapan, dan took kelontong. Hal ini sangat menarik jika mengabdikan pantai dengan teman atau keluarga dalam media foto atau video. Selain itu, hal ini pun dapat dijadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Sumber : http://www.ilmusiana.com/2015/09/6-contoh-karangan-teks-deskripsi.html
Loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top