31 Januari 2017

Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pengertian paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Dengan adanya sebuah paragraf argumentasi ini maka kita daranya meyakinkan dan memengaruhi pembaca dengan alasan-alasan yang logis dan kuat guna membuktikan kebenaran suatu pendapat ami didasarkan atas data dan fakta.

Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi


Argumentasi digunakan untuk memengaruhi dan mengubah pendapat orang lain agar menerimanya. Dalam penyusunan paragraf argumentasi semua hal yang dianggap penting dikelompokkan dan dijadikan satu dalam sebuah kesimpulan yang bisa diletakkan di awal, akhir, maupun di awal dan di akhir paragraf argumentasi tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi

Contoh 1


Kerusakan alam merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia pada era modern ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi berita berbagai macam bencana, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan. Bencana alam tersebut memakan korban nyawa dan harta. Tumbuhan dan hewan tidak berdosa pun menjadi korban. Peristiwa ini merupakan akibat pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

Contoh 2 

Dari data kepolisian dan rumah sakit diperkirakan terdapat 70 s.d 75% kasus penyalagunaan narkoba terjadi pada kelompok remaja. Sebanyak 82% berasal dari tingkat ekonomi menengah ke atas dan 18% dari keluarga tidak mampu. Korban penyalagunaan narkoba 68% di antaranya berpendidikan SMP dan SMA. Sementara itu, data dari rumah sakit menunjukkan bahwa presentase tertinggi ada pada kelompok umur 16-25 tahun. Yang sebagian besarnya merupakan kelompok sembahyang notabene adalah generasi penerus bangsa.

Contoh 3


Saat ini sampah berserakan di mana – mana. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita. Sampah – sampah tersebut biasanya berasal dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah pada tempatnya. Sampah – sampah yang berkumpul itu menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mencemarkan udara. Selain itu, tumpukan sampah tersebut menjadi sarang berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Sumber penyakit tersebut akan terbawa dengan udara sehingga akan terhirup oleh kita. Akibatnya, kita akan menjadi sakit dan tentunya juga akan menular kepada orang lain yang menghirup udara yang sama tersebut.

Contoh 4


Narkoba mengandung beberapa zat – zat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah zat addiktif. zat inilah yang akan menggangu sistem saraf kita. Zat addiktif yang telah masuk ke dalam tubuh akan menuntut otak untuk terus mengkonsumsinya. Akibatnya, para pengkonsumsi narkoba akan menjadi sakaw dan tak bisa terlepas dari narkoba.

Sumber : http://www.kumpulan-contoh.com/2016/02/contoh-paragraf-argumentasi.html

Contoh 5


Menurut pemahaman saya, demam batu akik yang tengah mewabah di kalangan masyarakat memiliki dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya tidak lain adalah menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat-masyarakat sekitar, namun dibelakang itu orang-orang yang tidak bertanggung jawab merusak batuan alam dengan sewenang-wenang.

Contoh 6


Gerakan radikal memang seharusnya dibumihanguskan oleh pemerintah dari tanah Indonesia, karena tentu saja gerakan ini akan mengkhawatirkan masyarakat Indonesia.

Contoh 7


"Tingkat keamanan pengguna jalan harus ditingkatkan terutama mengenai aksi-aksi pembegalan yang terus terjadi. Salah satu langkah yang dapat mengurangi jumlah peristiwa pembegalan adalah dengan menaruh pos polisi di daerah-daerah rawan dan pengendara disarankan mengebut saat melintasi daerah yang sunyi." Tegas Bapak Kapolsek

Sumber: http://www.smansax1-edu.com/2015/03/contoh-paragraf-argumentasi-singkat.html
Loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top