31 Januari 2017

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Pengertian paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf yang isinya mengemukakan pokok dan yang selanjutnya di ikuti oleh kalimat kalimat penjelas yang bersifat khusus untuk mendukung kalimat utama.

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Ciri-ciri Paragraf Deduktif


1. Kalimat utama berada diawal paragraf.
2. Kalimat penjelas berada setelah pada kalimat utama.


Contoh Paragraf Deduktif


Contoh 1


Kebersihan sangat menjadi masalah di sekolah. Ini terjadi karena banyak murid-murid yang tidak sadar akan kebersihan. Padahal “kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Contoh 2


Teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut di karenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput.

Contoh 3 


Kota Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar. Alamnya indah dan buminya sangat subur. Di kota Yogyakarta terdapat banyak lembaga pendidikan menengah maupun lembaga pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta. Banyak pemuda yang datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan. Mereka berasal dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Contoh 4


Mencegah urbanisasi merupakan persoalan pelik. Untuk jangka panjang kita harus berani mengubah kebijakan pembangunan dengan mengurangi kesenjangan keseimbangan kota dan desa. Sangat perlu bagi kita membangun daerah-daerah penyangga di sekeliling kota besar yang bisa mencegah urbanisasi warga desa ke kota. Roda ekonomi yang berputar di daerah penyangga akan membuat daerah tersebut menjadi pilihan lain bagi pendatang. Namun, untuk jangka pendek, mengurangi beban anak-anak jalanan dan tenaga kerja yang menganggur menjadi kebutuhan mendesak.

Contoh 5


Para ahli mengemukakan bahwa seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya suatu motif tertentu, yaitu motif berprestasi (achievement motive). Motif berprestasi merupakan suatu nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna memperoleh kepuasan pribadi. Faktor dasarnya adalah adanya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Contoh 6


Pemanfaatan sumber daya alam perlu didasarkan pada prinsip ekoefesiensi. Artinya, penerapan prinsip tersebut tidak merusak ekosistem dan dilakukan secara efisien. Pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk mewujudkan keberadaan sumber daya alam demi mendukung kesejahteraan manusia. Pelestarian lingkungan merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan.


Catatan : Kalimat utama terletak pada garis yang saya bawahi dalam contoh yang ada diatas.
Loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top