Irfan Syahputra

Merupakan blog personal saya sebagai tempat berbagi berbagai informasi tentang ngeblog, informasi umum, dan sarana promosi untuk usaha Anda.

Tips Membeli Chain Block Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Tips Membeli Chain Block Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Chain Block

Apa itu chain block? Bagaimana tips membeli chain block berkualitas? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Untuk mengangkat dan menurunkan benda berukuran besar dan berbobot cukup berat pastinya membutuhkan alat khusus. Tujuannya, agar kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Nah, salah satu alat yang paling umum digunakan di sebuah industri untuk melakukan pekerjaan ini adalah chain block.

Sederhananya, pengertian chain block adalah sebuah alat khusus yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan barang secara manual menggunakan roll, rantai, roda bergerigi dan pengait. Namun demikian, orang awam biasanya menyebut alat khusus di bidang industri ini sebagai alat katrol.

Buat Anda yang dalam waktu dekat ini berencana membeli chain block untuk digunakan mengangkat atau menurunkan barang sendiri, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

Tips Membeli Chain Block Berkualitas Sesuai Kebutuhan

1. Kapasitas Chain Block

Tips membeli chain block berkualitas dan sesuai kebutuhan pertama adalah kapasitas angkat alat tersebut. Pastikan Anda memilih chain block yang memiliki kapasitas sesuai kebutuhan. Kapasitas dari alat katrol ini sendiri di pasaran tersedia banyak macamnya, mulai dari ½ hingga 50 toon.

Dalam pemilihan kapasitas alat katrolnya sendiri Anda harus tahu berapa bobot terbesar benda yang nantinya akan diangkat atau diturunkan. Hal tersebut kemudian bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih chain block atau alat katrol.

2. Jenis Chain Block

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan sebelum beli chain block adalah mengenai jenis chain block itu sendiri. Seperti yang kita tahu bersama, saat ini ada banyak jenis chain block yang bisa dipilih dan digunakan, contohnya chain block jenis katrol tetap dan chain block jenis katrol bebas.

Untuk masing – masing jenis chain block pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing dan pengaplikasiannya pun juga berbeda – beda. Oleh karenanya Anda perlu memilih mana chain block yang sekiranya tepat untuk Anda gunakan nanti.

Sebagai contoh, apabila Anda butuh alat ini untuk mengangkat dan menurunkan peti kemas di pelabuhan, maka Anda bisa memilih chain block katrol bebas, atau katrol bergerak.

3. Kualitas Bahan Chain Block

Lalu, soal bahan pembuatannya juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika akan membeli chain block. Mengingat alat katrol ini nantinya akan berurusan dengan beban – benan yang berat, maka pilih chain block yang dibuat dari bahan berkualitas dan cukup kuat.

Sebagai contoh, untuk chain block yang dibuat dari bahan rantai bisa digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban katrol yang dibuat dari campuran baja grade 80.

4. Kemudahan Mendapatkan Spare Part

Terakhir adalah mempertimbangkan mengenai kemudahan mendapatkan spare part. Pasalnya, biasanya chain block ini akan digunakan dalam kurun waktu yang panjang dan lama. Selain itu, juga ada kemungkinan di kemudian hari salah satu komponen chain block mengalami beberapa gangguan, sehingga penting untuk Anda memilih chain block yang mudah dicari spare partnya.

Apabila Anda memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal tersebut dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan chain block berkualitas sesuai kebutuhan. Sementara itu, untuk tempat membeli chain blocknya sendiri Anda juga perlu memilih mana yang tepat, dalam artian barang yang Anda dapatkan terjamin keaslian dan kualitasnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips membeli chain block berkualitas sesuai kebutuhan. Semoga ber