Irfan Syahputra

Merupakan blog personal saya sebagai tempat berbagi berbagai informasi tentang ngeblog, informasi umum, dan sarana promosi untuk usaha Anda.

Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Author
Published April 15, 2022
Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Sholat

Mengimani malaikat termasuk salah satu dalam rukun iman, yakni rukun iman yang kedua. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang terkenal sangat taat, suci dan tidak pernah membangkang. Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan malaikat dari cahaya.

Mengenai hakikat jasadnya, hanya Allah yang Maha Tahu. Mereka tidak berjenis kelamin, tidak makan dan minum seperti kita, tidak tidur. Tidak pernah rehat dari melaksanakan tugas-tugasnya, melainkan senantiasa taat setia kepada Allah. Malaikat juga tidak pernah berbuat dosa dan kesalahan walaupun sekecil-kecil kesalahan.

Jumlah Malaikat sangat banyak. Setiap Malaikat mempunyai tugas masing-masing dari Tuhan. Di antara mereka ada yang rukuk sepanjang hidupnya. Ada yang sujud saja. Ada juga yang sepanjang hidupnya menjaga 'Arasy. Bahkan setiap kejadian, ada Malaikat-malaikat yang diberi tugas untuk menunaikan dan memeliharanya. Ini bukan berarti Allah tidak kuasa untuk menjadikan dan memelihara segala sesuatu tanpa Malaikat . Namun, Allah Ta'ala ingin menunjukkan kuasa-Nya dan kesempurnaan sistem dan ciptaan-Nya. Segalanya tersusun rapi, teratur. Dan segalanya bisa terjadi hanya dengan berkata "Jadilah" maka terjadilah segala sesuatu.

Ada ribuan Malaikat yang senantiasa setia kepada-Nya dan siap sedia membantu orang-orang beriman. Namun, ada 10 Malaikat yang wajib kita kenal. Berikut 10 nama malaikat dan tugasnya?

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril atau dengan sebutan lainnya Ruhul Kudus memiki tugas utama untuk menyampaikan wahyu dari Allah Subhana wa Ta’ala kepada para Nabi dan Rasul.

Setelah tidak ada lagi Nabi dan Rasul yang diutus, karena Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai Nabi dan Rasul terakhir sudah wafat, maka tugas Malaikat Jibril sekarang ini adalah meniupkan ruh pada setiap janin yang ada di dalam kandungan. Malaikat Jibril juga bertugas sebagai pemimpin para malaikat lainnya.

2. Malaikat Mikail

Adapuin tugas malaikat Mikail adalah untuk membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah yang tinggal di muka bumi, rezeki yang dimaksudkan tidak hanya berupa materi bagi manusia namun juga berupa hujan, angin dan tanaman.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil diberikan tugas oleh Allah Azza wa Jalla untuk meniupkan sangkakala atau terompet saat hari kiamat tiba. Menurut Al-Quran malaikat Israfil akan meniupkan sangkakala sebanyak dua kali, kali pertama adalah untuk membuat semua makhluk hidup di muka bumi mati dan tiupan yang kedua untuk membangunkan pada saat hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail

Tugas Malaikat Izrail adsalah untuk mencabut nyawa setiap makhluk yang ada di muka bumi atas perintah Allah, perlu anda ketahui bahwa tidak ada satupun makhluk hidup yang dapat menghindar dari takdir kematian yang sudah dituliskan oleh Allah.

5. Malaikat Munkar

Tuga Malaikat Munkar adalah untuk menanyakan kepada makhluk hidup saat di alam kubur seputar keburukan yang sudah dilakukan semasa hidupnya.

6. Malaikat Nakir –

Malaikat Nakir akan datang bersamaan dengan malaikat Munkar di alam kubur, perbedaanya malaikat Nakir hanya akan menanyakan tentang hal baik, malaikat ini diceritakan akan menuntun kita ke surge saat kita bisa mempertanggunjawabkan segala amalan baik kita selama hidup.

7. Malaikat Raqib

Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat setiap amalan baik yang dilakukan oleh anak cucu Adam semasa hidupnya untuk dipertanggungjawabkan pada hari perhitungan kelak.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid memiliki tugas yang hampir sama dengan malaikat Raqib, namun hanya amalan buruk yang ia catat. Menurut beberapa hadits disebutkan bahwa malaikat Raqib dan Atid ada pada tiap pundak makhluk hidup.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik memiliki tugas dari Allah Ta’ala untuk menjaga pintu neraka seperti yang sudah dijelaskan dalam surat At-Thamrin ayat 6.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat terakhir adalah malaikat Ridwan yang ditugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu surga. Surga merupakan tempat yang sangat indah dan penuh kenikmatan yang diperuntukkan bagi orang yang suka beramal sholeh dan b

Halaman

Copyright © 2022