Irfan Syahputra

Merupakan blog personal saya sebagai tempat berbagi berbagai informasi tentang ngeblog, informasi umum, dan sarana promosi untuk usaha Anda.

Keunggulan Cloud VPS Dibanding VPS Biasa

Author
Published April 19, 2022
Keunggulan Cloud VPS Dibanding VPS Biasa

Penggunaan VPS menjadi pilihan yang tepat bagi para blogger yang ingin akses websitenya lebih stabil. Sebab, setiap VPS akan terisolasi dari VPS lainnya meskipun menggunakan server yang sama. Dengan begitu, stabilitas antara website yang satu dengan website lainnya tidak saling mempengaruhi.

Kondisi di atas tentu tidak berlaku pada website-website yang menggunakan shared hosting atau hosting biasa. Stabilitas antara satu website dengan website lainnya dalam satu server yang akan saling mempengaruhi.

Cloud VPS

Oleh karena itu, ketika akses sebuah website yang terinstall di shared hosting melambat, otomatis website-website lainnya juga akan terpengaruh. Hal ini tentu kurang bagus bagi sebuah website dari segi SEO.

Apa Sih Keunggulan Cloud VPS Dibanding VPS Biasa?

Lantas apa sih keunggulan Cloud VPS dibanding VPS biasa? Apa sisi perbedaan paling mencolok di antara keduanya? Ulasan lebih lanjut di bawah ini akan mengungkapnya.

Perlu diketahui bahwa Cloud VPS menggunakan teknologi yang lebih baik dibandingkan VPS biasa. Sebab, Cloud VPS menggunakan High Availability, Distributed Storage, dan Scalable, yang merupakan bagian dari teknologi Cloud modern. Sedangkan VPS biasa belum menggunakan ketiga teknologi tersebut.

Selain itu, website yang menggunakan Cloud VPS lebih unggul dari segi performa, skalabilitas, serta uptime dibandingkan yang masih menggunakan VPS biasa. Hal tersebut disebabkan karena Cloud VPS berjalan pada Cluster Server, sedangkan VPS biasa masih berjalan pada Single Server.

Bagi para blogger yang ingin serius mengembangkan websitenya hingga memiliki trafik yang tinggi, menggunakan Cloud VPS merupakan pilihan yang tepat. Syaratnya, harus mengerti kinerja komputer server komputer dan tahu cara mengoperasikan server.

Cloud VPS juga memiliki beberapa kegunaan lainnya, yaitu :

  • Menggantikan fungsi hosting sebagai web server (CPU, RAM, Storage) yang berkapasitas tinggi.
  • Sebagai storage server.
  • Sebagai server remote desktop.
  • Kustomisasi server berdasarkan aplikasi yang dikembangkan. Hal ini biasanya dibutuhkan oleh sebuah developer/perusahaan.
  • User yang menginginkan server dengan dedicated IP.
  • User yang menginginkan server dengan performa yang lebih cepat dan stabil.

Mengapa Harus Memilih Cloud VPS Murah Indonesia di Domainesia?

Jika Anda menginginkan performa website yang lebih cepat dan stabil, gunakan saja Cloud VPS Murah Indonesia dari Domainesia. Ada beberapa alasan utama mengapa Anda harus memilih Cloud VPS dari Domainesia:

1. Mudah dan Sederhana

Deploy Cloud VPS dari DomaiNesia bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Sebab, Anda hanya perlu memilih ukuran dan spesifikasi Cloud VPS yang diinginkan, lalu memilih sistem operasinya. Setelah itu tinggal menikmati Cloud VPS-nya.

Kemudahan lainnya yang juga bisa Anda dapatkan adalah kemudahan dari segi manajemen. Dalam hal ini, Cloud VPS menggunakan dashboard intuitif agar semakin mudah dalam mengakses dan mengelola Cloud VPS tersebut.

2. High Availability & Distributed Storage

Cloud VPS dari Domainesia berjalan pada Cluster server. Artinya, server fisik yang berjalan bukan hanya satu, tapi tiga. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kehilangan data terjadi masalah pada salah satu server fisik. Sebab, data yang terdapat Cloud VPS masih aman dan tetap berjalan seperti biasa.

Dengan menggunakan Cluster server, proses replika data berlangsung 3 kali proses secara real-time dan didistribusikan ke 3 drive secara synchronous. Oleh karena itu website yang menggunakan Cloud VPS dari Domainesia akan berjalan lebih stabil, cepat, aman, serta optimal.

3. Scalable

Cloud VPS yang tersedia di Domainesia terdiri dari beberapa jenis ukuran memori, CPU, SSD. Dengan begitu, Anda bebas memilih yang paling sesuai kebutuhan. Domainesia juga memberikan fitur Upgrade Cloud VPS yang bisa dilakukan kapan saja. Kunjungi saja langsung domainesia.com/vm/ jika ingin mengetahui apa saja jenis Cloud VPS yang tersedia di sana.

4. Media Penyimpanan Menggunakan SSD (Solid State Drive)

Media penyimpanan yang digunakan pada Cloud VPS adalah SSD (Solid State Drive). Tentu hal ini semakin memberikan kemudahan bagi pengguna, karena transfer datanya lebih cepat dibandingkan dengan Harddisk. Dengan begitu, proses transfer data dalam jumlah besar bisa berlangsung lebih cepat dan efisien, di samping bandwithnya memang lebih tinggi.

5. Sistem Operasi Lebih Beragam

Untuk semakin memudahkan pengguna, Domainesia menyediakan OS (sistem operasi) yang lebih beragam. Dengan begitu, sistem operasi apapun yang Anda inginkan, baik itu Ubuntu, Opensuse, CentOS, Debian, dan Fedora bisa digunakan.

6. Spesifikasi Node/ Hypervisor yang Handal

Domainesia sangat memahami kalau Node/ Hypervisor adalah pondasi paling penting dalam terbentuknya Cloud VPS berperforma tinggi. Oleh karena itu, Node/ Hypervisor yang digunakan merupakan kombinasi dari Dual Intel Xeon E5, NVMe SSD sebagai Node/ Hypervisor Cloud VPS, dan DDR4 ECC Registered Memory.

Demikianlah penjelasan mengenai keunggulan Cloud VPS dibanding VPS biasa dan alasan mengapa harus memilih Cloud VPS dari Domainesia. Jika Anda ingin mendapatkan tambahan informasi seputar lainnya seputar hosting dan komputer, termasuk informasi mengenai apa saja komponen komputer, kunjungi saja langsung situs domainesia.com.

Halaman

Copyright © 2022