Irfan Syahputra

Merupakan blog personal saya sebagai tempat berbagi berbagai informasi tentang ngeblog, informasi umum, dan sarana promosi untuk usaha Anda.

Ribetnya Membuat Es Krim di Jaman Dulu

Author
Published Maret 19, 2022
Ribetnya Membuat Es Krim di Jaman Dulu

Ice Cream - VictoryGarden.com

Bahan yang sangat penting untuk pembuatan es krim salah satunya adalah es. Di jaman modern sekarang ini sangat mudah mendapatkan es.

Harganya pun murah, mungkin dengan 500-1000 rupiah sudah bisa membeli sebungkus es batu. Bahkan kalau punya freezer kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah.

Namun jaman dulu berbeda, orang sejak lama sudah mengenal minuman dingin berbahan es. Dan es di waktu itu adalah barang mewah yang mahal, sukar didapat dan mudah rusak.

Dulu es tidak dibuat di freezer tapi diambil dari alam langsung. Banyak orang dikerahkan untuk mengambil salju dan es dari puncak gunung, sungai dan danau yang membeku di musim dingin. Kemudian dengan transportasi sederhana dibawa ke tempat penyimpanan yang jaraknya bisa jauh dari tempat mengambil esnya.

Bukan kulkas yang menjadi tempat menyimpan namun lubang atau bangunan biasa tanpa listrik. Es ditutupi dengan jerami atau semacam sekam untuk menjaga agar es tidak mudah mencair.

Sebagian bangsa waktu itu sudah mengenal teknik tertentu untuk pembekuan tingkat lanjut. Untuk membekukan makanan atau minuman orang Cina, Arab, dan India menambahkan garam ke es untuk menurunkan suhu es hingga di bawah titik beku. Teknik inilah yang kemungkinan digunakan untuk membuat cikal bakal es krim.

Pada pertengahan abad keenam belas, para ilmuwan Italia telah mengetahui bahwa menenggelamkan wadah berisi air dalam seember salju yang dicampur dengan kalium nitrat, akan membekukan air menjadi padat. Teknik ini digunakan untuk membekukan anggur dan segera menyebar ke seluruh Eropa.

Kemudian dessert beku (es krim) dibawa ke Inggris, yang menjadi makanan lezat untuk para bangsawan. Raja Charles II dari Inggris, misalnya, berpesta dengan dessert beku selama jamuan makan. Pada abad kedelapan belas kelas menengah yang makmur mulai muncul dan permintaan akan es krim meningkat.

Kemudian es krim menyebar ke penjuru dunia, hingga ke pelosok pedesaan. Ke mana pun pergi es krim mudah untuk ditemukan.

Kalau kamu ke Amerika Serikat bisa mampir Foodcellar Market, Queens, New York City. Di sana ada Victory Garden, restoran spesialis es krim rendah lemak berbahan susu kambing.

Kelezatan dan kualitasnya terjamin, susunya berasal dari peternakan keluarga di upstate New York. Komposisinya adalah gula tebu, tapioka organik dan bahan-bahan terbaik sebagai perasanya.

Halaman

Copyright © 2022