Irfan Syahputra

Merupakan blog personal saya sebagai tempat berbagi berbagai informasi tentang ngeblog, informasi umum, dan sarana promosi untuk usaha Anda.

Macam-Macam Sholat Sunah yang Bisa Kita Lakukan dengan Tujuannya

Author
Published Januari 19, 2022
Macam-Macam Sholat Sunah yang Bisa Kita Lakukan dengan Tujuannya

Sholat adalah tiang agama. Karena amalan pertama yang akan di hisab di akhirat kelak adalah shalat. Sholat terdiri dari shalat wajib atau fardhu dan shalat sunnah. Shalat wajib merupakan ibadah yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim tanpa terkecuali. Sementara shalat sunnah adalah shalat yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala namun jika tidak dikerjakan pun tidak apa-apa. Sholat sunah boleh dikerjakan ataupun tidak.

Sholat Sunah

Macam-macam Sholat Sunah

1. Sholat Sunah Tahajud

Shalat Sunah Tahajud merupakan salah satu sholat sunah yang memiliki manfaat luar biasa. Shalat tahajud dilaksanakan pada malam hari dengan didahului tidur terlebih dahulu. Waktu terbaik mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Jumlah rakaat adalah paling sedikit dua rakaat. Keutamaan sholat tahajud adalah akan mendapatkan kemuliaan, kewibawaan, ketenangan hati, menolak penyakit hingga kebaikan dunia dan akhirat.

2. Sholat Sunah Dhuha

Merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada pagi hari, yaitu dimulai sejak matahari naik hingga mendekati waktu Dzuhur.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan niat sholat Dhuha yang luar biasa, yang artinya :

"Barangsiapa yang melakukan sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga" (H.R.Tirmidzi dan Ibnu Majah).

3. Sholat Sunah Istiqarah

Terkadang kita sebagai manusia dihadapkan pada kebimbangan dan kegelisahan. Bagi umat muslim, cara untuk mengatasinya adalah dengan meminta petunjuk dengan beribadah kepada Allah SWT.

Salah satu ibadah tersebut adalah dengan melaksanakan Sholat Sunah Istiqarah. Sholat Sunah Istiqarah merupakan sholat untuk meminta petunjuk dan jalan keluar yang terbaik kepada Allah SWT.

Dalam surat Al Baqarah, ayat 216, Allah berfirman, yang artinya:

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai semua, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui".

4. Sholat Sunah Witir

Sholat witir adalah sholat yang boleh dilakukan setelah isya hingga subuh. Jumlah rakaat shalat witir adalah ganjil, paling sedikit satu rakaat. Sebagaimana hadist Di bawah ini Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah itu ganjil. Maka kerjakanlah sholat witir wahai ahli Al-Qur'an."(H.R. Bukhari Muslim)

4. Sholat Sunah Hajat

Sebagai manusia pasti kita memiliki keinginan, dan tentunya kita sebagai seorang muslim hanya meminta kepada Allah SWT. Jika kita memiliki suatu keinginan, kita bisa melakukan sholat hajat.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat (shalat hajat) dengan sempurna, maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat."(H.R.Ahmad)

5. Sholat Sunah Taubat

Dosa dan kesalahan tidak pernah luput dari manusia. Untuk memohon ampunan Allah SWT, kita bisa melakukan sholat taubat. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

"Apabila ada orang yang melakukan perbuatan dosa, kemudian ia berwudhu dengan sempurna, lalu dia melakukan sholat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti akan mengampuninya."

6. Sholat Sunah Tahiyatul Masjid

Merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada saat memasuki masjid. Sholat Tahiyatul Masjid berjumlah dua rakaat. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

"Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia sholat dua rakaat sebelum dia duduk."(H.R. Bukhari no. 537 dan Muslim no. 174)

Keutamaan sholat Tahiyatul Masjid salah satunya adalah sebagai bentuk pemuliaan terhadap masjid sehingga dapat menutupi kekurangan sholat wajib.

Halaman

Copyright © 2022