Irfan Syahputra

Merupakan blog personal saya sebagai tempat berbagi berbagai informasi tentang ngeblog, informasi umum, dan sarana promosi untuk usaha Anda.

Mengenal Apa itu Ghost Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Terbaru

Author
Published Desember 17, 2021
Mengenal Apa itu Ghost Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Terbaru

Pernah melihat bisnis kuliner tidak dilengkapi dengan dapur atau dining space? Jika ya, mereka membangun bisnis tersebut dengan menggunakan ghost kitchen. Ini adalah salah satu penemuan terbaru didalam dunia bisnis dimana tidak memperlihatkan ruangan dapur ataupun dining space secara fisik kepada konsumen secara luas.

everplate.co.id

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena tujuan mereka usaha adalah hanya untuk memenuhi bisnis online melalui delivery. Jadi dengan menggunakan ide inilah, anda tidak perlu untuk memikirkan kembali bagaimanakah membangun konsep restoran secara fisik sehingga mampu mendatangkan banyak pelanggan dan memberikan profit.

Peluang Bisnis Ghost Kitchen Cukup Tinggi

Bagaimanakah dengan peluang dari model usaha satu ini? Seperti sudah diketahui, masyarakat sekarang terutama generasi milenial ternyata lebih suka untuk memesan makanan melalui delivery karena dinilai lebih praktis dan efektif. Selain itu, tidak perlu menunggu waktu lama hingga makanan selesai diproses.

Terlebih lagi di musim pandemi seperti sekarang, jumlah orang yang tertarik membeli makanan dan minuman secara online ternyata meningkat cukup tajam. Dengan melihat adanya kondisi tersebut, maka bisa dikatakan bahwa dapur hantu atau awan ini bisa dibilang sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Itulah mengapa jika anda bingung bagaimanakah dalam menentukan bisnis kuliner, maka usaha inipun bisa menjadi solusi yang paling recommended. Kunci kesuksesan juga terletak pada bagaimanakah melakukan ketika promosi. Jelas promosi di jaman sekarang bukanlah hal sulit berkat hadirnya internet saat ini.

Untuk anda yang tertarik memulai usaha ini, maka ada 2 cara dimana dapat digunakan diantaranya adalah:

1. Menambahkan Dapur ke Existing Restoran

Langkah pertama yang bisa digunakan adalah dengan cara mendiversifikasi model bisnis restoran melalui penambahan dapur ini dengan menu yang dapat ditemukan pada menu restoran fisik. Tetapi hanya dapat ditemukan di self-delivery ataupun third party delivery.

2. Membuat Dapur Yang Benar-benar baru

Selain itu, para pebisnis juga dapat membangun brand buat konsep bisnis dari nol sekaligus menciptakan platform online yang dapat digunakan oleh konsumen sehingga mudah dalam melakukan pemesanan.

Faktor Penyebab Ghost Kitchen Semakin Diminati

Dengan melihat peluang bisnis diataslah, tentu dapat menjadi inspirasi bagi anda dalam memulai usaha satu ini. Di samping itu, terdapat beberapa faktor dimana juga berikan kontribusi didalam munculnya konsep diatas mulai dari perubahan kondisi ekonomi, perilaku dari para konsumen, kenaikan harga properti dan masih banyak lagi.

Tidak sampai disitu saja, setidaknya ada beberapa alasan lainnya mengapa jenis usaha satu ini dapat dicoba sekarang juga diantaranya adalah

  1. Margin dari restoran fisik ternyata rendah. Sebab untuk memperkerjakan sekaligus mengawasi para karyawan akan membutuhkan jumlah biaya yang tidak sedikit dan bahkan relative cukup tinggi.
  2. Tidak hanya itu saja, dengan kemunculan smartphone turut serta mengubah perilaku dari seseorang jika ingin membeli makanan atau minuman. Dimana kebanyakan lebih suka melakukan pemesanan secara digital.
  3. Ini merupakan salah satu pekerjaan modern dimana sangat cocok buat generasi milenial yang lebih suka dengan pekerjaan lepas. Mengingat sudah semakin banyak perusahaan di dunia mempekerjakan seorang pekerja lepas
  4. Selain itu, untuk membuka restoran fisik sendiri ternyata membutuhkan moda sangat banyak dan bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah, belum lagi dengan biaya tambahan.

Konsep bisnis kuliner inipun memang dapat menjadi ide terbaik untuk memulai usaha dengan cara berbeda, hemat dan menguntungkan. Jika ingin membangun ghost kitchen, cobalah serahkan pada everplate.co.id sekarang juga.

Halaman

Copyright © 2022