Facebook Ads Manager vs. Boost Post & Promote, Mana yang Lebih Baik?

Facebook ads adalah salah satu platform beriklan di media sosial paling efektif yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika Anda menggunakan Facebook dan Instagram sebagai media promosi bisnis, tentu Anda familiar dengan tombol Boost Post (Facebook) dan Promote (Instagram). Fitur tersebut sangat membantu Anda saat beriklan lewat platform tersebut. Tetapi, Facebook juga menyediakan layanan Facebook Ads Manager yang berbeda dengan Boost Post.

FacebookAds

Ingin tahu apa saja perbedaan antara Facebook Boost Post dan Facebook Ads Manager? Simak pembahasannya di bawah ini ya!

Boost Post dan Promote Boost Post adalah tombol yang ada di Facebook untuk memasang iklan lewat Facebook. Anda bisa menayangkan iklan pada pengguna sesuai dengan budget Anda.

Promote adalah tombol yang disediakan oleh Instagram untuk memasang iklan. Promote memiliki fungsi yang sama dengan Boost Post di Facebook, hanya istilahnya yang berbeda.

Saat Anda beriklan dengan Boost Post dan tampil di beranda Facebook, biasanya terdapat tulisan "Sponsored Post" pada iklan. Ada 3 hal yang bisa Anda tentukan saat menggunakan Boost Post atau Promote.

  • Target yang spesifik
  • Budget yang dibutuhkan
  • Durasi iklan

Facebook Ads Manager

Berbeda dengan Boost Post dan Promote, beriklan dengan Facebook Ads Manager cukup rumit. Anda mungkin berpikir layanan ini hanya bisa digunakan di Facebook, tetapi Anda bisa beriklan di Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Selain itu, beriklan lewat Facebook Ads Manager memberi Anda banyak opsi, antara lain: tujuan iklan lebih beragam, audiens yang spesifik, dan banyak pilihan platform yang digunakan.

Kelebihan Facebook Ads Manager


Platform Beriklan Lebih Luas

Ada banyak pilihan platform saat menggunakan Facebook Ads Manager. Salah satu platform yang bisa Anda pilih adalah Audience Network. Namun, Anda perlu memperhatikan aturan dari tiap platform karena pasti platform tersebut aturannya tidak sama.

Objektif iklan yang beragam

Saat beriklan dengan Facebook Ads Manager, banyak pilihan yang ditawarkan. Berbeda dengan Boost Post yang terbatas pada opsi traffic dan engagement. Anda perlu menentukan dulu tujuan yang ingin dicapai agar mendapat hasil yang sesuai.

Format iklan yang beragam

Facebook Ads Manager menawarkan banyak variasi format iklan yang bisa digunakan. Anda bisa menggunakan format image, video, carousel, slideshow, serta variasi tombol CTA (Call to Action).

Audience lebih spesifik & relevan

Ada tools dalam Facebook Ads Manager yang bisa membantu Anda untuk memilih audiens yang spesifik dan relevan. Anda bisa memanfaatkan tools Lookalike Audience dan Custom Audience.

Mana yang Lebih Bagus?

Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan, Facebook Ads Manager jauh lebih bagus daripada Boost Post dan Promote. Namun, itu juga bergantung pada objektif iklan Anda.

Setelah mengetahui perbedaan antara Facebook Ads Manager, Boost Post, dan Promote, Anda bisa menentukan cara mana yang cocok dengan objektif Anda.

Memang merencanakan strategi beriklan di Facebook bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalamanan tertentu untuk dapat merancang strategi yang sesuai dengan bisnis Anda. Untungnya, Anda bisa meminimalisir risiko kesalahan penerapan strategi beriklan di Facebook dengan menggunakan bantuan jasa agency di daerah Anda, misalnya digital marketing agency Jakarta.

Saat ini telah tersedia banyak agensi digital marketing professional yang siap membantu Anda dalam merancang strategi Instagram marketing yang efektif untuk bisnis Anda.

Semoga infonya bermanfaat!

Copyright © 2020

Irfan Syahputra