[ADS] Top Ads

3 Loker Medan yang Cocok untuk Sastra Indonesia

Medan merupakan salah satu daerah Indonesia yang saat ini sudah berkembang menjadi daerah maju, dengan kualitas ekonomi yang terhitung tinggi. Oleh karena itu, banyak startup atau industri yang membuka usaha di Medan dan selalu membuka lowongan kerja setiap tahunnya. Termasuk dalam kota besar nan maju, sangat tidak mengherankan jika loker Medan selalu ramai diserbu oleh para pelamar yang berasal dari berbagai macam jurusan dan kalangan. Tidak terkecuali untuk jurusan sastra Indonesia.

Penulis

Sayangnya, jurusan sastra Indonesia masih sering dipandang sebelah mata, dianggap tidak memiliki jenjang karir yang memuaskan. Padahal, dalam kenyataannya loker Medan yang terbuka untuk jurusan sastra Indonesia sangatlah banyak. Justru bisa dikatakan, jurusan sastra Indonesia sangat fleksibel untuk melamar banyak loker Medan yang tersedia.

Sastra Indonesia adalah bidang ilmu yang mempelajari karya-karya sastra Indonesia seperti puisi, novel, cerpen, prosa, dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa dari jurusan sastra Indonesia juga mempelajari bab tentang penampilan dan formasi buku, serta penulisan kreatif dan juga penyuntingan. Bahkan, di dalam materi jurusan sastra Indonesia juga terdapat tugas untuk melakukan berbagai kajian untuk mengetahui layar belakang dan ide dari karya-karya seniman.

Benar-benar komplit dan pastinya sangat bermanfaat, sering diremehkan, berikut 5 loker Medan yang cocok untuk dicoba lulusan sastra Indonesia:

1. Editor

Seperti yang dijelaskan di atas, jurusan sastra Indonesia juga mempelajari tentang penyuntingan di bidang media kreatif. Dari ilmu yang diberikan pada materi penyuntingan media kreatif, tentu saja bisa menjadi modal untuk lulusan sastra Indonesia melamar loker Medan posisi editor.

Tidak banyak dibicarakan orang lain, editor justru menjadi salah satu bagian terpenting pada sebuah karya tulis, baik itu novel, buku pelajaran, kumpulan jurnal ilmiah, dan lain sebagainya. Tidak sampai pada penyuntingan dan kontribusi dalam lahirnya sebuah karya tulis, editor juga mempunyai peran terhadap penemuan dan pengembangan skill dari bibit-bibit unggul di bidang kepenulisan.

Menariknya, editor bisa bekerja dimana saja, dari mulai penerbitan hingga industri media massa. Tidak jarang juga, editor bertindak sebagai konsultan kepenulisan bagi para penulis. Untuk gaji seorang editor, tidak bisa disamaratakan, namun rata-rata editor bisa mendapatkan penghasilan berkisar 4 hingga 6 juta perbulan.

2. Dosen

Loker Medan yang terbuka untuk jurusan sastra Indonesia adalah menjadi seorang dosen atau pengajar profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Sama seperti guru, dosen mempunyai tugas untuk memberikan dan membagikan ilmu kepada para peserta didiknya.

Selain itu, dosen juga mempunyai tugas untuk melakukan penelitian sesuai bidang yang diampu, serta memberikan bimbingan kepada peserta didik. Untuk bisa menjadi seorang dosen sastra Indonesia, wajib untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnya terlebih dahulu, dengan kata lain lulus berpredikat sarjana 2 (S2).

Seorang dosen dalam sebulan bisa mendapatkan penghasilan pokok dengan kisaran 3 hingga 7 juta, dan biasanya terdapat biaya tunjangan serta lain-lain

3. Penulis

Seperti namanya, yakni sastra Indonesia, pastinya para peserta didik di jurusan ini sudah tidak asing lagi dengan profesi sebagai penulis. Dengan kemampuan serta ilmu yang telah diterima semasa perkuliahan, lulusan jurusan sastra Indonesia pastinya paham bagaimana menyusun sebuah cerita ataupun karya yang menarik serta unik.

Sama seperti editor, penulis juga bisa ditempatkan dan dibutuhkan dimana saja, dan gajinya tentu tidak bisa disamaratakan.

Copyright © 2022

Irfan Syahputra