5 Fungsi Domain Untuk Bisnis Online

Sebelum kita membahas apa saja fungsi domain bagi bisnis online sebaiknya kita mengetahui apa arti domain itu sendiri. Domain adalah nama bagi website yang telah di hosting oleh server.

Agar server bisa mengenali website, server membuat IP address bagi para pembuat website, tetapi karena IP address sangat sulit dihafal, server menyediakan suatu nama bagi website dan itulah yang dinamakan domain.

Domain

Setelah mengetahui apa itu domain mari kita bahasa apa kegunaan domain bagi para pebisnis online yang berplatform website.

Bisnis online pasti tidak akan mungkin jauh dari yang namanya website. Website memudahkan para pengguna untuk berhubungan dengan penyedia. Website juga menjadi perantara untuk menyediakan berbagai macam info untuk para pengguna yang menginginkan informasi.

Tetapi kekurangan yang ada di dalam website adalah hosting dan ID website atau bisa juga disebut IP address, dikarenakan hosting yang tidak mudah dilakukan oleh diri sendiri dan kebanyakan pengguna website menyewa atau membeli hosting dari penyedia hosting.

Dan kekurangan satu lagi pada website terletak di IP address itu sendiri dikarenakan susahnya untuk menghafal IP address seperti yang telah dijelaskan di atas. Dikarenakan itu para penyedia website membeli ataupun membuat domain yang menjadi nama bagi website itu sendiri.

Langsung saja kita bahas 7 fungsi domain bagi bisnis online:

1. Menjadi identitas bagi bisnis online

Kegunaan pertama dari domain untuk bisnis online adalah menjadi identitas bagi bisnis online itu sendiri, tidak hanya identitas untuk bisnis online tetapi sebagai identitas bagi yang memiliki website itu sendiri.

Misalnya apabila orang itu adalah seorang traveler, nama domain itu lah yang menjadi identitas pembeda bagi pemilik domain itu sendiri. Apalagi saat ini domain murah .com sudah sangat mudah sekali ditemukan, domainesia.com misalnya yang selalu menyediakan domain murah dan hosting promo.

Hal ini bertujuan agar bisnis anda bisa dengan mudah dicari oleh konsumen atau calon konsumen yang berasal dari search engine ataupun dari sosial media. Oleh karena itu kita perlu menunjukkan keunikan dan ciri khas dari merek yang kita punya dengan nama domain.

2. Agar mudah diingat oleh pengunjung atau konsumen

Domain berguna untuk memudahkan alamat website anda dari para pengunjung, dengan cara ini anda bisa menentukan nama domain apa yang mudah untuk diingat dan dihafal dengan baik.

Dengan nama domain yang unik dan mudah dihafal memudahkan nama domain anda menjadi pembicaraan mulut ke mulut atau penyebaran yang dilakukan oleh teman ke teman yang lain untuk mengunjungi website anda.

3. Mendapatkan Citra Profesionalisme

Jika anda memiliki nama domain yang sesuai dengan nama merek anda terkesan seperti seorang profesional, dengan cara terlihat profesional anda dapat meningkatkan para pengunjung maupun calon konsumen.

Reputasi tidak hanya bisa dinaikkan dengan platform sosial media saja tetapi website yang memiliki domain yang sama dengan nama brand bisa meningkatkan dengan cepat reputasi dari nama brand yang dimiliki.

4. Bisa meningkatkan kredibilitas

Setelah kamu membuat website dan membeli domain kamu sudah mendapatkan poin kredibilitas atau kepercayaan pelanggan padamu, hal ini dikarenakan ketika kamu membuat website tersebut pelanggan bisa mendapatkan informasi barang dan juga jasa.

Dengan begitu website atau domain yang kamu bangun bisa menciptakan brand awareness pada bisnis ataupun suatu brand yang kamu tekuni.

5. Menciptakan Image Yang Unik

Dengan mendapatkan nama domain yang unik kamu bisa mendapatkan image yang baik dari para pelanggan, dikarenakan nama domain tidak bisa sama menjadikan domain sebagai ciri khas yang unik dan mengurangi tingkat persaingan antara kompetitor.

Dengan begitu juga anda bisa mendapatkan nama domain yang unik dan memiliki ciri khas khusus bisa menempel di ingatan orang yang mendapatkan informasi dari websitemu.

Setelah membaca ini anda pasti pusingkan untuk memilih hosting dan nama domain yang bagus dikarenakan diluar sana banyak sekali hosting yang bagus dengan harga yang lumayan tinggi, tetapi khusus untuk Anda, saat ini domainesia.com telah menyediakan hosting promo dan berbagai macam penawaran lain yang gak kalah menarik. 

Posting Komentar

Copyright ©