5 Tips Penting Dalam Mencari Hunian Kos-Kosan

Bagi orang dalam perantauan di daerah Jakarta, mempunyai suatu hunian adalah hal yang wajib. Salah satu yang paling terjangkau adalah dengan menyewa kamar kos. Cara ini dianggap sebagai cara paling hemat dalam mencari hunian sementara. Salah satu daerah yang kerap kali dipilih untuk mencari kos adalah Kemang. Tentunya hal itu terjadi karena kosan Kemang merupakan daerah strategis di Jakarta.

Cove.id Logo

Namun, dalam memilih kosan tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika sampai seperti itu, bisa saja Anda mendapatkan tempat kos yang tidak nyaman. Oleh karena itu, agar mendapatkan tempat hunian yang nyaman, Anda dapat perhatikan beberapa hal berikut ini.

Tips Sebelum Mencari Kos-Kosan

1. Cari dari Jauh Hari

Tips pertama adalah jangan cari kosan terlalu mepet dengan kebutuhan. Persiapkanlah hal ini jauh sebelum Anda mulai kuliah ataupun bekerja. Mencari hunian dalam waktu mepet akan membuat keputusan menjadi tidak maksimal. Bisa saja karena terburu-buru, Anda malah menyewa hunian di lokasi tidak strategis dan lingkungannya tidak nyaman.

Selain itu, kebutuhan akan hunian tersebut sangat tinggi. Apalagi dalam hal ini Anda berada di kota besar seperti Jakarta. Jadi, jika mencarinya terlalu mepet, maka bisa saja hunian tersebut diambil orang lain. Oleh karena itu, persiapkanlah kos tersebut dari jauh hari. Dengan begitu, Anda dapat mencari tempat yang benar-benar nyaman serta lokasinya strategis dari tempat kerja atau kuliah.

2. Menentukan Biaya

Dalam urusan sewa-menyewa, budget atau biaya adalah hal penting untuk diperhatikan. Pastikanlah Anda sudah menentukan budget tersebut dari awal pencarian hunian. Dengan menentukan budget tersebut, tentunya proses pencarian dapat menjadi lebih mudah karena sudah ada standar budget untuk menyewa.

3. Lakukan Survey Hunian

Hal penting berikutnya adalah lakukanlah survei terlebih dahulu sebelum memutuskan menyewa. Hal ini dilakukan untuk mengukur apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan fasilitasnya. Selain itu, cari tahu juga tentang bagaimana model pembayarannya apakah dilakukan per bulan atau setahun sekali. Hal tersebut sangat penting terkait dengan manajemen keuangan harian Anda.

4.Cari Tahu Lingkungannya

Daerah sekitaran kos juga perlu dipantau. Cari tahu tentang akses apa saja yang bisa diperoleh jika Anda memilih hunian di sana. Hal itu sangatlah penting dilakukan karena terkait dengan aktivitas pemenuhan kebutuhan harian. Lihatlah apakah di sekitar sana mempunyai akses mudah terhadap pusat belanja, rumah sakit, transportasi, dan lain sebagainya.

Hal yang tidak kalah penting adalah perhatikan jenis hunian. Biasanya, terdapat tiga macam kosan yakni untuk pria, wanita, atau campuran. Sesuaikan jenis tersebut dengan kebutuhan. Dengan mempertimbangkan hal seperti itu, calon penghuni dapat mengukur tingkat kenyamanan diri sendiri terhadap jenis kosan yang dipilih.

5. Cari Lokasi Strategis

Mencari kosan di kota besar seperti Jakarta ini memang harus yang strategis. Bagi para perantau, usahakan memilih lokasi hunian yang dekat dengan kampus ataupun kantor. Hal ini sangat penting, apalagi bagi orang yang belum mempunyai kendaraan pribadi.

Jika memang keadaannya belum punya kendaraan, Anda dapat cari tempat yang dekat dengan moda transportasi seperti Busway atau Transjakarta. Jadi, akses menuju tempat transportasi tersebut dapat ditempuh dengan jalan kaki dalam waktu singkat.

Seperti itulah tadi beberapa tips mencari kosan yang dapat diberikan. Apabila Anda sedang berencana mencari kosan Kemang atau daerah lain di Jakarta, langsung saja kunjungi alamat website cove.id. Dapatkan informasi kosan lengkap dari berbagai daerah di sana. Dengan begitu, proses pencarian kos akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Copyright © 2020

Irfan Syahputra