Pilihan Instrument Investasi Berdasarkan Modal yang Dibutuhkan

InvestBro

Kapan waktu terbaik untuk berinvestasi? Tentu masa lalu karena kita akan menuai hasilnya sekarang, ataupun masa kini karna kita akan menuai hasilnya di masa depan. Sebagai generasi milenial kita perlu mulai memahami investasi dan mulai melakukan investasi itu sendiri. Apalagi jangkauan dari setiap investasi juga dipermudah dengan penggunaan teknologi seperti internet hingga aplikasi.

Untuk mulai belajar dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Semakin banyak pilihan investasi maka kemudahan untuk mengelola dana yang anda miliki juga semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan memberikan nilai keuntungan yang lebih besar. Namun, anda juga harus mempertimbangkan beberapa pilihan investasi yang sesuai dengan metode pengelolaan hingga nilai modal. Biasanya nilai modal yang besar akan semakin mudah untuk mencapai nilai keuntungan besar. Pastikan juga bahwa setiap peluang investasi yang direkomendasikan menawarkan tingkat kepercayaan yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Berinvestasi

Menurut InvestBro, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenapa anda harus mulai melakukan investasi. Apalagi hal ini juga akan memberikan pengalaman bagi anda untuk menerapkan metode pengelolaan dana dengan baik. Selain itu, anda juga harus ingat bahwa nilai modal yang anda miliki akan memberikan nilai keuntungan cukup besar bila diterapkan dengan sangat ideal. Berikut ini ada 5 alasan yang patut diperhitungkan agar anda bisa melakukan investasi seperti:

1. Mendapatkan Nilai Tambah

Ini merupakan salah satu alasan yang sangat penting untuk anda pertimbangkan. Investasi membuat nilai tambah dari setiap asset yang anda miliki. Selain itu, anda juga akan memperoleh keuntungan yang cukup besar sesuai dengan nilai investasi. Keuntungan yang anda dapatkan bisa digunakan untuk memberikan peluang memperluas kesempatan dalam mengembangkan investasi jangka panjang.

2. Mencapai Kebebasan Finansial

Anda harus ingat bahwa investasi memberikan pencapaian dalam kebebasan finansial. Anda memiliki hak untuk menggunakan seluruh dana dalam pengelolaan investasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Metode seperti ini juga dianggap akan membuat anda semakin mudah untuk mengelola dana secara efisien. Semakin besar modal yang anda miliki maka pilihan investasi juga bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat.

3. Terhindar dari Laju Inflasi

Nilai seluruh investasi yang anda lakukan akan bertambah sesuai dengan laju inflasi. Ini membuat anda semakin mudah untuk menghindari inflasi yang berlebihan dalam jangka waktu tertentu.

4. Jaminan hari tua

Anda juga bisa menjadikan investasi sebagai jaminan hari tua. Seluruh nilai investasi yang dilakukan biasanya akan memberikan nilai tambah untuk jangka yang lebih lama. Nilai atau valuasi dari asset juga akan terus bertambah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan seluruh hasil atau keuntungan dari investasi untuk kebutuhan di hari tua. Ini membuat kehidupan anda juga semakin terjamin.

5. Bisa Dilakukan dari Modal Kecil

Hal yang paling penting tentu saja investasi bisa dilakukan dari modal yang sangat kecil sekalipun. Hal ini juga disesuaikan dengan pilihan bidang investasi. Namun, perhitungan keuntungan biasanya sesuai dengan nilai modal dan resiko yang akan dihadapi.

7 Peluang Investasi Yang Direkomendasikan Saat Ini

Ada berbagai pilihan peluang investasi yang direkomendasikan dan menguntungkan saat ini. Masing-masing dari investasi juga memiliki karakter yang sangat berbeda. Selain itu, setiap peluang investasi yang ditawarkan biasanya melibatkan perhitungan nominal modal tertentu. Semakin besar nilai modal yang anda miliki maka akan semakin mudah untuk menentukan pilihan investasi. Bahkan, anda memiliki kesempatan untuk memaksimalkan berbagai pilihan investasi sekaligus. Cara seperti ini memudahkan anda untuk menaikkan nilai asset dan keuntungan yang ingin dicapai. Ada 7 peluang investasi yang direkomendasikan seperti:

1. Investasi emas

Ini merupakan salah satu pilihan dari peluang investasi yang direkomendasikan. Anda harus ingat bahwa nilai emas setiap waktu selalu mengalami kenaikan. Namun, nilai kenaikan ini juga disesuaikan oleh beberapa faktor. Anda bisa mencoba untuk melakukan investasi emas secara digital atau konvensional. Misalnya saja anda membeli emas Antam batangan yang dijual melalui beberapa platform. Bila nilai emas terus mengalami kenaikan maka anda bisa menjual emas batangan itu. Hal ini juga bisa dilakukan pada platform digital yang menyediakan trading emas.

2. Investasi Valas

Rekomendasi investasi yang bisa dicoba melalui valuta asing. Bila anda memiliki modal yang cukup mungkin bisa mencoba untuk investasi valas. Ada beberapa mata uang asing yang selalu mengalami perubahan nilai tukar secara signifikan. Beberapa diantaranya seperti Dolar Amerika, Dolar Singapura hingga Euro. Masing-masing dari nilai mata uang ini memiliki pertukaran yang selalu berubah sesuai dengan beberapa kondisi. Anda bisa mencoba untuk membeli valas pada saat nilai tukar mengalami penurunan. Namun, menjual kembali setelah nilai tukar mengalami kenaikan lebih banyak.

3. Investasi Saham

Pilihan investasi seperti ini memang memberikan keuntungan cukup besar. Namun, resiko yang harus anda hadapi juga cukup banyak. Selain itu, nilai modal yang besar akan mempengaruhi nilai keuntungan yang dimiliki. Saat ini ada banyak broker saham yang memberikan kesempatan bagi anda untuk mulai mempertimbangkan investasi saham. Anda bisa mencoba untuk membeli saham yang populer atau blue chip dan menjadikan investasi jangka panjang. Setelah nilai saham itu mengalami kenaikan lalu dijual dan mendapatkan selisih keuntungan. Bahkan, anda juga bisa mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan dari saham yang anda miliki.

4. Investasi Reksadana

Sebenarnya ini merupakan investasi yang cukup populer bagi kalangan milenial. Apalagi ada berbagai platform e-commerce yang sudah menyediakan investasi berupa reksadana. Investasi ini dianggap sebagai kegiatan penghimpunan dana dari para nasabah atau investor yang akan dikelola dan menghasilkan nilai keuntungan pada jangka waktu tertentu. Pertambahan nilai dari modal awal biasanya disesuaikan dengan beberapa kondisi. Selain itu, nominal modal juga akan mempengaruhi keuntungan yang anda peroleh dalam jangka panjang.

5. Investasi Property

Anda mungkin bisa mencoba untuk menerapkan investasi property. Namun, perlu diingat bahwa investasi seperti ini membutuhkan modal yang sangat besar. Selain itu, anda juga harus memperhitungkan perkembangan pasar property saat ini. Beberapa pilihan asset property yang bisa dikelola seperti rumah, apartmen hingga ruko. Nilai investasi yang anda kelola akan berbanding lurus dengan nominal keuntungan. Ini termasuk investasi jangka panjang yang patut diperhitungkan.

6. Investasi P2P Lending

Pilihan investasi seperti ini akan membuat anda sebagai investor dari pinjaman online. Anda bisa menempatkan modal awal pada platform pinjaman online. Selanjutnya, pinjaman online akan menyalurkan dana yang anda tempatkan pada pengguna yang membutuhkan. Nilai bunga yang diterapkan pada setiap nilai pinjaman akan menjadi keuntungan bagi anda. Bahkan, anda juga memiliki kesempatan untuk ikut dalam pengawasan bisnis yang dikelola dari pinjaman itu.

7. Investasi Deposito

Bila anda memiliki dana yang cukup besar cobalah untuk mempertimbangkan investasi deposito. Investasi seperti ini memang mengandalkan nilai bunga yang ditawarkan oleh pihak bank. Semakin besar dana yang anda tempatkan sebagai deposito maka nilai pertambahan melalui bunga juga akan semakin menguntungkan. Keuntungan itu juga berdasarkan dari tenor deposito yang anda pilih.

Copyright © 2020

Irfan Syahputra