Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Bopeng

Bekas jerawat berbentuk kotak (box acne scars) atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan bopeng adalah salah satu jenis bekas jerawat. Secara khusus bekas jerawat ini merupakan jenis bekas jerawat karena luka atrofi, dan ini adalah merupakan jenis bekas jerawat yang paling umum. Jenis lain dari bekas luka atrofi adalah bekas luka ice pick dan rolling scars yang sebenarnya di Indonesia kedua bekas luka ini juga disebut dengan sebutan bopeng hanya saja berbeda bentuknya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Bopeng

Bekas luka berbentuk kotak atau box scars ini terlihat seperti cekungan atau kawah bulat atau berbentuk oval di kulit kita. Bekas luka ini biasanya memiliki tepi vertikal yang tajam dan ukurannya lebih lebar dari bekas jerawat ice pick tetapi tidak selebar bekas luka rolling scars.

Bekas luka yang dangkal mungkin masih bisa di obati dengan baik, tetapi bekas luka yang lebih dalam mungkin akan lebih sulit dihilangkan. Cara menghilangkan bekas jerawat bopeng ini tergantung pada beberapa faktor seperti:

  • Seberapa merah bekas luka tersebut
  • Seberapa dalam lukanya
  • Lokasi bekas luka
  • Jenis kulit yang kita miliki.

Bekas luka yang lebih dangkal lebih mudah di perbaiki dibandingkan dengan bekas luka yang lebih dalam. Dalam banyak kasus, kombinasi perawatan adalah yang terbaik untuk mengurangi bekas luka box scars.

Cara menghilangkan bekas luka bopeng seperti box scars ini ada beberapa cara, yaitu:

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur superfisial yang menghilangkan lapisan paling atas pada kulit kita. Jenis perawatan ini biasanya dilakukan di spa medis jadi bukan dilakukan oleh dokter kulit. dan hasilnyapun dapat bervariasi tergantung dari beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas tadi.

Dermabrasi

Dermabrasi ini mirip dengan mikrodermabrasi tetapi lebih dalam untuk menghilangkan seluruh lapisan atas kulit menggunakan perangkat yang digerakan oleh mesin. Ini bisa dilakukan pada seluruh wajah kita atau pada bekas lukanya saja. Dermabrasi bisa membentuk memperbaiki luka bopeng seperti box scars yang dangkal, tetapi tidak efektif pada bekas luka yang lebih dalam. Cara ini juga bisa membuat kulit kita memerah dan sakit selama beberapa hari, dan cara ini juga membuat kulit kita menjadi lebih sensitif pada sinar matahari selama beberapa bulan.

Terapi Laser

Cara yang satu ini adalah cara dengan menggunakan gelombang energi yang kuat untuk menargetkan bekas jerawat. Ini adalah pengobatan yang tahan lama dan biasanya efektif. Ada dua jenis laser yang biasa digunakan untuk bekas jerawat, yaitu ablative dan nonablatif. Laser ablative dianggap sebagai cara menghilangkan bekas jerawat terbaik yang sering digunakan yang bisa memperbaiki bekas luka hanya dalam satu sesi. Dan laser nonablatif juga merangsang produksi kolagen baru, tetapi efek sampingnya lebih sedikit daripada laser ablatef. Namun laser nonablatif ini cenderung kurang efektif.

Chemical Exfoliating

Chemical exfoliating atau pengelupasan kimiawi menggunakan beberapa jenis bahan kimia untuk menghancurkan lapisan kulit bagian atas. Kulit nanti akan terkelupas sehingga akan muncul kulit baru. Chemical exfoliating sebaiknya dilakukan oleh dokter yang sudah memiliki izin resmi, seperti dokter kulit. Semakin dalam luka pada kulitnya, maka akan semakin besar kemungkinan kita mengalami efek samping berupa kemerahan, nyeri dan kulit mengelupas. Chemical exfoliating ini bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap atau lebih terang dari biasanya.

Copyright © 2020

Irfan Syahputra