Beberapa Tips Saat Ingin Melakukan Road Trip

Pada zaman sekarang, liburan dengan memakai kendaraan pribadi atau istilahnya "road trip" memang semakin populer bagi pecinta traveler. Alasanya karena lebih bisa menghemat biaya dan juga bebas melakukan perjalanan sesuai dengan keinginan. Menjadi sangat nyaman berlibur bersama keluarga.

Road Trip

Memang berlibur dengan gaya road trip ini mendapatkan banyak keuntungan. Akan tetapi tetap harus mempersiapkan secara matang agar perjalanan traveling Anda bersama keluarga menjadi aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips dalam merencanakan road trip:

Tentukan Destinasi Traveling dan Waktu Keberangkatan

Untuk lebih amannya, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu performa kendaraan untuk travelingnya. Bilamana tempatnya jauh, maka pilihlah kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya agar kondisi tidak terlalu capek atau bahkan bisa drop karena transportasinya kurang nyaman.

Selanjutnya juga harus menyesuaikan tanggal perjalanannya. Mulai memperhatikan dari faktor cuaca, maupun hari-hari besar atau libur nasional. Lebih bagus bila menentukan yang tidak berbarengan dengan banyak orang libur, karena pastinya tempat wisata padat oleh pengunjung.

Atur Budget

Salah satu hal utama yang harus Anda perhatikan ketika melakukan road trip bersama keluarga adalah dengan memperhatikan budget. Setidaknya dengan membuat daftar besaran biaya untuk berangkat sampai pulangnya. Semisalnya mulai dari pembayaran tol, bensin, cari penginapan dan lainnya.

Karena dengan melakukan list pembiayaan, maka akan mudah mengatur pengeluaran biaya saat traveling. Bilamana budget terbilang lebih, alangkah lebih baik untuk menyisakannya sebagai jaga-jaga bila ada keperluan mendadak lainnya pada saat menempuh perjalanan.

Tentukan Penginapan

Hal yang juga harus diperhatikan lagi ada dengan menentukan tempat penginapan. Carilah terlebih dahulu hotel atau semacamnya yang dekat dengan lokasi traveling. Setelah itu cobalah untuk memesan kamar jauh-jauh hari, tujuannya agar setelah sampai langsung bisa beristirahat.

Melakukan hal semacam ini sangat perlu, apalagi perjalanan bersama keluarga sangatlah jauh dan menguras banyak tenaga. Tentunya, membutuhkan tempat istirahat. Selain itu cara booking hotel juga sangatlah mudah, karena bisa secara langsung menggunakan aplikasi smartphone.

Persiapkan Peralatan Dokumentasi

Saat melakukan road trip, pastinya akan mengalami sebuah pengalaman yang sangat luar biasa dan bisa jadi menjadi hal tak terlupakan. Dengan demikian untuk mengabadikan setiap moment perjalanan bisa membawa kamera untuk merekamnya. Jangan sampai tidak ada dokumentasi sama sekali.

Selain itu pastikan mengecek kelayakan kamera yang dibawa. Mulai dari fungsi-fungsi kenormalannya, baterai ganda dan lain sebagainya. Jangan sampai saat ingin melakukan perekaman terjadi error atau semacamnya. Pokoknya cek terlebih dahulu kelengkapannya.

Membuat Rangkaian Alur Perjalanan

Membuat daftar rangkaian alur perjalanan juga sangat penting. Hal ini agar bisa mempermudah Anda dalam mengatur waktu, lokasi, tempat istirahat, serta penginapannya. Dengan demikian traveling menjadi nyaman dan terjadwal.

Pembuatan alur perjalanan ini juga memberikan manfaat, seperti halnya traveling lebih terencana atau terstruktur, dan juga meminimalisir over budget. Untuk tempat penginapannya lebih baik pesan terlebih dahulu melalui aplikasi online, jangan sampai menambah biaya hanya untuk mencari hotel.

Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Menjadi perhatian saat ingin melakukan traveling adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi tubuh. Pastinya fisik dalam keadaan sehat dan tanpa merasakan rasa sakit. Apalagi merasakan demam, maka lebih baik untuk menunda terlebih dahulu perjalanan.

Selain itu untuk memastikan agar perjalanan jauh saat traveling tetap nyaman dan aman, ajaklah anggota keluarga yang bisa menyetir. Dengan demikian ketika Anda lelah bisa bergantian dengan sopir cadangan. Hal ini guna meningkatkan keselamatan selama perjalanan. Demikian tadi adalah beberapa penjelasan tentang tips saat road trip, pastikan perjalanan Anda tidak ada halangan satu apapun.

Copyright © 2020

Irfan Syahputra