Hero Mage-Support Favorit Pilihan Pemain Mobile Legends: Bang Bang

Saat ini Mobile Legends: Bang Bang sudah memasuki patch terbarunya yaitu di Patch 1.5.08 yang sudah dirilis pada 24 Agustus kemarin. Pada patch ini terdapat banyak sekali perbaikan maupun pembaharuan keseimbangan untuk meningkatkan pengalaman pemain yang lebih baik. Diantara pembaharuan penting tersebut diantaranya adalah mekanisme matchmaking, kompensasi AFK, dan juga pembaharuan buff atau nerf pada beberapa hero.

Mobile Legends: Bang Bang New Logo

Pada pembaharuan Patch 1.5.08 ini mekanisme matchmaking terdapat banyak sekali perubahan, yaitu Moonton sebagai Developer Game ini akan menyesuaikan mekanisme matchmaking menjadi lebih adil secara merata untuk mendapatkan teman setim dalam Mode Ranked. Pembaharuan ini sangat baik sekali terutama pada pemain solo yang biasanya selalu bertemu dengan lawan yang bermain secara tim yang biasanya main bareng yang setidakya berisikan tiga pemain yang sudah sering mabar atau main bareng dipihak lawan.

Selanjutnya yang tidak kalah penting dibahas dari pembaharuan ini adalah buff dan nerf pada beberapa hero. Buff berarti terdapat peningkatan kemampuan dan nerf yaitu penurunan kemampuan hero. Seiring perkembangan dari tiap update, ekosistem bermain pun juga mulai berubah, yang dulunya hero bertipe Mage sering dijadikan sebagai hero core kini berubah menjadi Mage-Support yang membantu Assasin atau Marksman yang bertugas sebagai hero core.

Berikut ini adalah Mage-Support terbaik dan favorit saat ini di Season 17 Mobile Legends: Bang Bang

Pharsa

Menurut saya, Pharsa adalah Mage-Support terbaik untuk saat ini. Dengan jangkauan skill area of effect yang sangat luas, mobilitas yang tinggi, dan juga memiliki damage besar pula yang menjadikan Pharsa selalu menjadi pilihan terbaik dalam sebuah tim yang bertugas sebagai Mage-Support.

Hero Pharsa - Mobile Legends

Saat menggunakan Pharsa, keahlian mencari posisi war merupakan kunci kemenangan dalam sebuah tim. Pada saat menggunakan Wings by Wings, Pharsa bisa berubah menjadi seekor burung yang bisa terbang selama 5 detik sesuai situasi untuk mencari posisi aman untuk menyerang maupun melarikan diri untuk bertahan dalam war. Manfaatkan semak rerumputan dan struktur map agar musuh sulit mencari lokasi saat kamu sedang inisiasi war maupun bertahan.

Pharsa memiliki skill ultimate yang sangat luar biasa yaitu Feathered Air Strike. Jangkauan lingkaran skill area of effect ini sangat luas sekali dengan burst damage yang sangat besar. Pharsa terbang ke udara dan melepaskan Air Raid pada area target dalam 8 detik berikutnya selama 4 round.

Luo Yi

Hero tipe Mage-Support satu ini merupakan hero baru di Land of Down. Saat awal rilis, para pemain Mobile Legends sangat meremehkan kemampuan hero bernama Luo Yi ini, karena ultimate-nya yang dianggap hanya untuk tujuan troll saja. Namun anggapan itu langsung berubah ketika salah satu pemain Alter Ego yaitu Udil menggunakan hero ini dengan sangat baik pada saat gelaran MPLI.

Hero Luo Yi - Mobile Legends

Skill Luo Yi menciptakan Mark Yin/Yang didalam pertempuran. Yaitu skill pertama “Dispersion” dan skill kedua “Rotation”. Pada Dispersion, Luo Yi akan mengeluarkan energi dari Yin/Yang ke arah yang ditentukan yang akan menimbulkan cipratan dan menyebar ketika dikeluarkan. Lalu pada Rotation, Luo Yi akan memanggil lingkaran Aqua of Yin/Fire of Yang ke area yang ditentukan.

Apabila kombo skill Dispersion dan Rotation terkena hit. Maka akan menyebabkan Yin-Yang Reaction secara terus menerus yang akan mengeluarkan damage yang besar dan juga akan terkena efek crowd control yang akan menyeret ke titik tengah dari Rotation selama 0.5 detik.

Lalu pada skill ultimate yang dimiliki Luo Yi, yaitu Diversion. Luo Yi akan menciptakan sebuah Teleport Circle di sekitar dirinya. Setelah 3 detik, Luo Yi akan mengrimkan hero satu tim yang berada di lingkaran lain tersebut ke lokasi lain di Battlefield. Skill ini sangat membantu pergerakan karena mobilitasnya yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk menyergap musuh dari belakang apabila melakukan teleport dan masuk ke dalam semak rerumputan. Atau juga bisa digunakan untuk pertahanan bila terjadi war yang memungkinkan kalah dalam war lalu membuka Diversion untuk teleport jauh ke belakang.

Valir

Valir merupakan Mage-Support yang sangat menyebalkan. Dengan kemampuan skill yang dimilikinya Valir akan sangat mudah mendorong ke belakang para Initiator lawan yang biasanya Tank atau Fighter.

Hero Valir - Mobile Legends

Dengan jangkauan skill yang jauh, yaitu skill pertama “Burst Fireball”. Valir akan sangat mudah hit lawan secara terus menurus yang akan mengurangi HP (Health Point) yang juga akan menyebabkan efek slow terhadap lawan. Selanjutnya pada skill kedua Valir yaitu “Searing Torrent”. Dengan menggunakan skill ini Valir melepaskan aliran api ke depan, menyebabkan efek Knockback terdorong ke belakang kepada lawan ke jarak maksimal areanya. Bila dikombinasikan dengan skill utlimatenya yaitu “Vengeance Flame” maka akan menciptakan sebuah Firewall pada jarak maksmalnya yang akan membuat efek slow dan burst damage menjadi lebih tinggi.

Valir memang merupakan Mage-Support alami di Mobile Legends: Bang Bang karena kemampuan efek slow, burst, dan anti crowd control yang dimilikinya.

Cecilion

Cecilion merupakan hero Mage yang sangat bagus sekali apabila sudah memasuki late game. Dengan kemampuan skill yang dimilikinya Cecilion dapat menyerang dan mengontrol jarak jauh lawan dihadapinya.

Hero Cecilion - Mobile Legends

Cecilion ini bisa diibaratkan Aldous-nya pada Mage. Cecilion memiliki stack yang bisa dikumpulkan dari skill pertama yaitu “Bat Impact” dan skill kedua yaitu “Sanguine Claws”. Semakin banyak skill yang mengenai target, makin besar pula Mana dan damage-nya. Tak jarang apabila stack-nya sudah mencapai ratusan, hantaman Bat Impact akan sangat mengerikan bahkan hanya dengan 2 kali Bad Impact hero dengan HP rendah seperti Mage, Assasin, ataupun Marksman akan langsung hilang dari Land of Dawn. Tak lupa juga dengan skill ultimate yang dimilikinya yaitu “Bats Feast” yang akan menyerang dengan area of effect yang sangat luas, immune terhadap efek slow, dan juga dapat memulihkan HP-nya.

Di awal game memang Cecilion menjadi Support agar bisa cepat clear minion karena tidak memiliki damage yang sangat berarti namun jika sudah bermain ke arah late game, mau tidak mau Cecilion harus menjadi target utama dalam serangan.

Selena

Selena merupakan gabungan dari Assasin-Mage-Support yang memiliki damage besar pada awal pertandingan. Selena memilik efek crowd control yang sangat menyebalkan dan tidak bisa dianggap remeh meskipun menggunakan Emblem Support sekalipun.

Hero Selena - Mobile Legends

Kombinasi Abyssal Trap dan Abyssal Arrow merupakan kunci utama dari penggunaan Selena. Apabila lawan terkena dua kombinasi skill yang dimilikinya maka bersiaplah menuju kematian. Belum lagi dengan Abyssal Trap yang berfungsi sebagai pengintai atau pembuka map yang dapat memberikan informasi pergerakan dan keberadaan rotasi lawan di Land of Dawn.

Daftar hero Mage-Support diatas merupakan berdasarkan pengalaman saya bermain Mode Ranked Mobile Legends: Bang Bang. Dalam game ini saya juga sering berperan sebagai Mage-Support dalam tim dan lima hero diataslah yang sering saya gunakan dalam permainan Ranked jika tidak di ban.

Saat ini Mobile Legends: Bang Bang sudah memasuki Season 17. Apabila kamu belum melakukan event top up diamond saya sarankan untuk segera melakukan top up game di Google Play dengan mudah melalui Go Pay. Namun sebelum itu kamu harus menghubungkan GoPay di Google Play terlebih dahulu.

Cara Menambahkan GoPay di Google Play

Berikut cara menambahkan GoPay di Google Play dengan mudah :

Masuk ke aplikasi Google Play Store lalu pilih Metode Pembayaran.

Tambahkan GoPay di Google Play

Klik Tambahkan GoPay yang akan kamu jadikan sebagai metode pembayaran.

Tambahkan GoPay di Google Play

Tekan Lanjut untuk menghubungkan nomor GoPay kamu di Google Play.

Hubungkan Gopay ke Google Play

Masukkan PIN GoPay atau Sidik Jari yang sudah terdaftar di GoPay. Tambahkan jika belum terpasang.

Masukkan PIN atau Sidik Jari

Yeay! GoPay berhasil terhubung dengan Google Play. Saat ini kamu sudah bisa transaksi apapun pakai GoPay di Google Play.

GoPay Berhasil Terhubung dengan Google Play

Ini merupakan cara mudah dalam menambahkan GoPay sebagai alat pembayaran kamu untuk top up diamond dan pembelian item lain didalam aplikasi. Dengan menggunakan GoPay top up game di Google Play lebih hemat karena GoPay juga memberikan banyak sekali promo dan cashback.

Cara Top Up Diamond Mobile Legends: Bang Bang Pakai GoPay di Google Play

Selanjutnya adalah saya akan mencoba top up diamond langsung dari aplikasi Mobile Legends: Bang Bang. Namun, sebelum itu silahkan masukkan kode promo MLBBNEXT20 di aplikasi GoJek kamu ya.

GoPay Kode Promo Mobile Legends September 2020

Ini merupakan promo khusus dari GoPay khusus kepada pengguna setia lama GoPay yang berlangsung dari tanggal 1-30 September 2020. Dengan menukarkan kode promo diatas, kamu akan mendapatkan 2 buah voucher cashback 50% dengan nilai cashback maksimal Rp.5000 untuk pengguna lama setia GoPay. Cek detail promo dan top up mlbb disini ya!

Simak cara melakukan top up diamond mlbb pakai GoPay ini ya.

Masuk ke aplikasi game Mobile Legends: Bang Bang. Lalu silahkan pilih jumlah diamond yang akan kamu beli. Disini saya akan membeli 50 diamond dengan harga Rp.15000

Memilih Item Pembelian Mobile Legends Bang Bang

Pilih metode pembayaran GoPay kemudian klik 1-Tap Buy atau Beli dengan 1 kali klik.

Top Up Diamond Pakai GoPay di Google Play

Setelah sukses, diamond kamu akan langsung masuk ke dalam game. Gimana, mudahkan top up diamond pakai GoPay di Google Play?

Oh ya, selain Mobile Legends: Bang Bang, kamu juga bisa top up game apapun pada game mobile populer lain seperti Mobile Legends: Adventure, Clash of Clans, Clash of Royale, PUBG Mobile, Fantasy Town, dan sebagainya pakai GoPay di Google Play. Kamu juga bisa mendapatkan cashback 90% hingga Rp10.000 & cashback 75% hingga Rp25.000 di bulan September 2020 ini lho. Cek detail promo dan top up google play disini ya.

Copyright © 2020

Irfan Syahputra