Needle Roller Bearing dan Sebab Kerusakannya

Needle roller bearing adalah jenis bantalan rol khusus yang mengunakan rol silinder panjang dan tipis seperti jarum. Bantalan ini biasanya disebut dengan bantalan jarum dan biasanya memiliki rol yang setidaknya empat kali lebih panjang dari diameternya. Bantalan ini berguna untuk mengurangi terjadinya gesekan pada permukaan yang berputar.

Needle Roller Bearing

Bantalan jarum memiliki permukaan yang lebih besar sehingga dapat mendukung beban yang lebih besar. Bantalan jarum ini juga tipis sehingga hanya membutuhkan jarak yang lebih sedikit antara poros dan struktut disekitarnya. Bantalan jarum ini biasanya digunakan dalam komponen mobil. Poros penggerak pada kendaraan penggerak roda belakang biasanya memiliki paling tidak 8 bantalan jarum.

Needle bearing adalah salah satu jenis Anti Friction Bearing yang digunakan pada benda yang berputar untuk mengurangi gesekan. Bantalan jarun ini dapat diaplikasikan di tempat yang sempit sebab diameter bantalab yang lebih kecil.

Sebab Kerusakan


Bantalan jarum ini bekerja dengan cara berputar bersama porosnya dan menahan beban atau gesekan. Bantalan ini dapat rusak jika telah mencapai batas putaran tertentu. Kerusakan juga bisa menjadi lebih cepat bila pelumasannya tidak baik, pemasangan bantalan dan pemakaian bantalan yang tidak tepat.

Kerusakan bantalan yang termasuk dalam rol bearing dapat dideteksi melalui suara, getaran, temperatur, dan sebagainya. Jika muncul suara yang tidak semestinya, suhu naik dan gerakan yang tidak seharusnya sebaiknya segera lakukan pengecekan. Pemeriksaan ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih buruk. Berikut beberapa penyebab rusaknya bantalan.

Kerusakan karena kesalahan pemasangan


Pemasangan yang kurang baik akan mengakibatkan ketidakseimbangan antara bantalan dengan poros, atau kerusakan sebab adanya gaya lokal pada saat pemasangan. Kerusakan yang dapat terjadi adalah kerusakan pada lintasan bola, tergerusnya pada permukaan komponen lain, over heating pada cincin bagian dalam.

Kerusakan karena pelumasan yang kurang


Lebih dari 50% kerusakan yang terjadi disebabkan oleh pelumasan yang kurang baik. Hal ini dapat menimbulkan umur bantalan menjadi lebih pendek dari seharusnya sebab terjadi kesalahan sejak awal.

Kelelahan


Tidak hanya manusia yang mengalami kelelahan, namun peralatan otomotif juga dapat mengalami kelelahan. Setiap komponen dalam mesin memiliki batasan putaran tertentu. Bantalan jarum bekerja dengan cara berputar dan menahan beban hingga jumlah putaran tertentu atau sampai batas waktu tertentu. Jika pemakaian komponen melebihi batas tertentu, maka material akan mengalami kelelahan.

Kerusakan karena korosi


Kerusakan pada bantalan tidak hanya untuk bantalan jarum saja, secara umum korosi diakibatkan oleh adanya air, atau lingkungan yang lembab, atau lingkungan yang terlalu asam, atau bisa jadi karena minyak pelumas yang digunakan tingkat keasamannya terlalu tinggi. Kerusakan akibat korosi ini dapat terjadi bahkan sebelum bantalan dipasang. Hal ini disebabkan oleh cara penyimpanan di tempat yang kurang baik.

Nah itulah beberapa informasi mengenai needle roller bearing. Semoga membantu Anda.

Copyright © 2019

Irfan Syahputra