Cara Membuat ID Card dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel

Berkembangnya zaman dan bertambah canggihnya teknologi membuat seluruh kegiatan kita menjadi lebih cepat dan mudah. Tak terkecuali dalam kegiatan membuat ID Card. Dahulu orang yang akan membuat ID Card selalu bentuknya sederhana dan monoton dan menghabiskan waktu yang lama. Tetapi sekarang sudah banyak aplikasi pembuat ID Card bahkan dengan secara online. Kok bisa lewat aplikasi?

ID Card

Seiring juga berkembangnya teknologi ada juga internet. Internet ini sangat luas sehinga apapun kegiatan yang kita lakukan bisa dibantu dengan internet ini lalu muncullah semacam komputer atau laptop yang sudah disertai dengan macam macam aplikasi ID Card atau software dan aplikasi atau software ID Card dalam laptop itu memiliki fungsi yang berbeda beda juga ada Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Acces dan lain lain.

Tahukah kamu? Bahwa Microsoft Excel juga bisa loh dimanfaatkan untuk membuat sebuah ID Card. Ini sangat menguntungkan untuk kita karena dapat memudahkan dalam membuat ID Card di laptop .

Berikut cara membuat ID Card dengan Microfot Excel :

Tentukan dulu ID Card seperti apa yang akan kita buat. Ada macam macam ID Card yang kita ketahui yaitu:

  1. ID Card berbentuk biasa seperti KTP, SIM, ID Card kantor yang sudah familiar di lingkungan masyarakat dan digunakan hanya sebagai pengenal pribadi atau kebutuhan kantor untuk pengenal identitas diri. 
  2. ID Card magnetic. Mengapa magnetic? Karena cara menggunakan kartu ini sudah terdapat barcode atau scan yang penggunaannya tinggal menggesek atau memasukkan pada alat scan maka akan bekerja dengan sendirinya. Jenis kartu ini memiliki bentuk atau tanda panel hitam dibelakang kartu untuk menyimpan identitas si pemilik ID Card. 
  3. ID Card promiximity atau sama saja seperti ID Card biasanya. Perbedaannya terletak di bagian kartu terdapat chip yang telah terprogram di dalam kartunya ini digunakan untuk menghindari pemalsuan identitas si pemilik ID Card. 

Nah, sudah tau ingin membuat ID card yang mana ?

Sayangnya cara membuat ID Card dengan aplikasi pembuat ID Card di Microsoft Excel hanya bisa membuat dengan jenis ID Card yang pertama yang biasa.

Buka Microsoft excel pada laptop anda. Beri nama pada setiap sheet, disini kita menggunakan 2 sheet. 

Sheet pertama beri nama Data, sheet kedua beri nama ID Card.

Selanjutnya kita menuju ke sheet pertama. Isilah sheet yang pertama dengan identitas orang yang akan dibuatkan ID card seperti nama, NIP, jabatan atau golongan darah.

Jika sudah memasukkan semua data diri pemegang ID Card, maka blok semua data jangan sampai ada data yang tidak terblok lalu pada name box tuliskan pada group cell nya dengan nama “data”.

Jika sudah kita beralih ke sheet kedua yang bernama ID Card tadi kemudian menggunakan menu insert dan pilih shape lalu pilihlah desain atau gambar ID Card yang kalian inginkan tentunya didalam Microsoft Excel ini masih menggunakan bentuk yang biasa saja .

Kemudian jika sudah membuat desain pada cell H4 (ini disesuaikan dengan cell dimana kalian telah selesai membuat data) lalu kita akan menggunakan rumus vlookup dan masukkan sesuai dengan data yang telah kalian buat .

Ketikkan pada cell N2 (sesuaikan dengan cell yang ada di nomer urut pegawai) dan jadilah ID Card sederhana dengan menggunakan aplikasi pembuat ID Card Microsoft Excel.

Setelah kalian membuat ID Card jangan lupa dengan mencetak ID Cardnya dengan  menggunakan printer yang berkualitas bagusdan bervolume tinggi. Jangan bingung membeli printer ID Card dimana bisa di ist.co.id kalian akan menemukan banyak printer ID Card dengan kelebihannya.

Copyright © 2019

Irfan Syahputra