Buat Lulusan Akuntansi, Ini Dia List Pekerjaan yang Bisa Anda Pilih di Masa Depan

Baca juga:



“Pengetahuan seseorang yang minim cenderung membuat orang tersebut berpindah dari satu jurusan kuliah ke jurusan kuliah lainnya. Oleh karena itu, setiap mahasiswa sebaiknya mencari tahu lebih dalam tentang jurusan kuliah, agar tidak menyesal di masa depan.”

Hal ini juga berlaku pada jurusan akuntansi. Standarisasi keahlian accounting semakin hari semakin kompleks, seiring dengan berkembangnya dunia usaha, teknologi, dan ekosistem bisnis di seluruh dunia. Paham akuntansi secara teori saja kadang tidak cukup, mesti melek digital juga, dan familiar dengan berbagai accounting software terkini akan menjadi sebuah keharusan bagi Anda yang ingin berkarir di bidang akuntansi, keuangan, dan perpajakan.

Sebelum Anda memutuskan ingin mengambil jurusan kuliah, sebaiknya kenali dulu beberapa pekerjaan yang membutuhkan keahlian akuntansi di bawah ini, mulai dari posisi kecil hingga senior:

  1. Teller Bank
    Adalah seorang karyawan sebuah bank yang kesehariannya berhubungan langsung dengan nasabah dan masyarakat umum. Tugas seorang teller bank adalah memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah atau calon nasabah di sebuah bank mulai dari transfer, setor tunai, update transaksi, print out rekening pribadi atau perusahaan, dan masih banyak lagi.
  2. Kasir
    Adalah seseorang yang memegang petty cash atau uang pada sebuah mall, supermarket, koperasi, atau pun toko kelontong. Tugas spesifik seorang kasir adalah menerima uang pembayaran pada saat pembelian produk barang atau jasa serta memberikan pengembalian jika ada sisa uang dari pembayaran.
    Jangan meremehkan posisi kasir. Posisi ini adalah ujung tombak perusahaan (terutama ritel) dalam terjadinya penjualan dan pada saat cashflow diterima. Jaman now, kasir tidak hanya sekedar jago hitung dan terima uang, tapi juga mesti jago mengoperasikan sistem POS dan menggunakan berbagai alat bantu kasir seperti barcode scanner, printer struk kasir, alat gesek kartu EDC system, dan paham accounting basic seperti ledger.
  3. Staff Akunting
    Adalah sebuah jabatan dalam perusahaan yang erat kaitannya dengan keuangan perusahaan.
    Seorang staff akunting bertugas membuat laporan keuangan, membayar dan melaporkan pajak perusahaan, menyusun anggaran pendapatan dan pengeluaran perusahaan secara berkala (satu bulan, tiga bulan, dan satu tahun), menggaji karyawan, dan membuat surat-surat dan dokumen yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.
  4. Manager Keuangan
    Adalah sebuah jabatan yang sangat krusial bagi perusahaan dan berperan dalam melakukan kegiatan yang berfokus pada analisis keuangan.
    Beberapa tugas seorang manajer keuangan adalah mengontrol perencanaan keuangan perusahaan, melakukan analisis keuangan, memproses data dan informasi keuangan, mengontrol arus cash flow terutama hutang dan piutang.
  5. Dosen Akuntansi
    Adalah seorang tenaga pendidik akuntansi pada sebuah universitas baik universitas negeri maupun universitas swasta. Seorang dosen akuntansi memiliki tugas krusial yaitu membimbing mahasiswanya dalam penyusunan skripsi, melaksanakan program kerja sesuai rencana, aktif dalam seminar dan pertemuan ilmiah, melakukan penelitian ilmiah, dan masih banyak lagi.

Semoga setelah membaca kelima prospek pekerjaan di bidang akuntansi, Anda tidak lagi merasakan kebingungan dan mantap mengambil jurusan keren ini. Yuk persiapkan semuanya dari sekarang demi masa depan cerah Anda!