Apa Itu HR Software Dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Baca juga:

Tim HRD dalam suatu perusahaan memiliki banyak peran penting dan krusial. Di antaranya mengelola data absensi karyawan, menghitung gaji beserta gaji lembur karyawan, THR karyawan dan pph 21, rekruitmen, menghitung cuti, menghitung asuransi atau BPJS karyawan, dan lain-lainnya.

Aplikasi HRD Berbasis Web

Karena begitu banyaknya tugas HRD ini, beberapa perusahaan menyediakan HR software dengan harapan dapat membantu kinerja HRD lebih optimal. HR software yang dimaksud di sini adalah software atau aplikasi yang membantu HRD perusahaan untuk mengatur pengelolaan data informasi karyawan serta membantu mengelola sistem payroll perusahaan dalam waktu yang efisien. Berikut ini adalah manfaat penggunaan HR software untuk perusahaan, antara lain :

1. Membantu Meningkatkan Produktivitas HR


Software HR diciptakan agar dapat membantu proses administrasi dan beberapa pekerjaan HR dengan lebih cepat namun tetap akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. HR software dapat menyederhanakan proses pengumpulan CV serta pemeriksaan informasi dan dapat juga mengatur keuangan seperti payroll.

2. Meminimalisir Kesalahan


Tugas HR banyak berhubungan dengan data dan keuangan yang sangat berpotensi untuk terjadi kesalahan baik kecil maupun fatal yang dapat mengakibatkan kerugian finansial bagi perusahaan bahkan terkadang dapat mengundang masalah hukum. Dengan adanya HR software, kesalahan yang biasa terjadi dalam sistem manual dapat diminimalisir.

3. Membantu dalam Pengawasan


Perlu diketahui, HR software dirancang untuk membantu dalam pengawasan proses operasi perusahaan supaya sesuai dengan peraturan yang ada sehingga reputasi perusahaan dapat terjaga dengan baik.

4. Membantu Menganalisa Performa


Kemampuan HR software dalam menganalisa performa serta metrik yang berhubungan dengan berbagai aspek pendukung pengambilan keputusan sangatlah baik. Terutama dalam hal biaya pengeluaran perusahaan. Dengan demikian perusahaan dapat membuat keputusan serta mengembangkan strategi yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan tanpa membuang-buang waktu lama karena waktu yang dibutuhkan dalam mengumpulkan data sangatlah singkat.

Baca Juga : Fitur-Fitur Wajib yang Harus Ada Di Aplikasi HRD

5. Membantu Sistem Payroll


Dalam perusahaan yang memiliki ribuan karyawan tentulah membutuhkan waktu yang banyak serta memiliki banyak potensi kesalahan jika menggunakan sistem payroll secara manual. Dengan adanya HR software, pengelolaan gaji karyawan seperti gaji pokok, gaji lembur, bonus THR, biaya asuransi atau bpjs lainnya, dapat mudah teratasi dengan waktu yang cepat.

6. Mempermudah Akses Informasi


Dengan adanya HR software, karyawan dalam perusahaan akan dapat mengetahui dan menambahkan informasi yang berhubungan dengan data pribadi sehingga proses akses informasi karyawan dakan semakin mudah dalam pengaksesan. Data informasi ini dapat berupa waktu cuti yang dimiliki, perkembangan performa kerja, absensi, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan semangat kerja para karyawan.

7. Meminimalisir Biaya


Menggunakan HR software ini dapat membantu meminimalisir pengeluaran perusahaan setiap bulannya. Hal ini dikarenakan dengan adanya HR software, perusahaan tidak lagi memerlukan admin HR yang banyak dan tidak ada lagi kesalahan yang mengakibatkan kerugian perusahaan.

Begitu banyak manfaat menggunakan HR software untuk membantu perusahaan Anda dalam mengelola administrasi perusahaan. Kami merekomendasikan HR software milik LinovHR yang sangat direkomendasikan di berbagai perusahaan skala menengah (mid – level) di seluruh Indonesia. Coba Aplikasi HRD berbasis web gratis terbaik di Indonesia saat ini, LinovHR tanpa biaya apa pun. Gratiss!