Tips Memilih Cat Tembok untuk Rumah Anda

Painting

Cat merupakan satu aspek penting dalam mendesain rumah yang diinginkan. Pemilihan cat bisa menjadi indikator kenyamanan dalam beristirahat ataupun beraktivitas dengan keluarga tercinta. Tidak hanya itu, warna cat tembok ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, suasana hati, dan bahkan bisa juga mempengaruhi psikologis penghuninya. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui jenis cat tembok terbaik untuk rumah.

Tips Memilih Cat Tembok Agar Maksimal


Memilih produk yang tepat serta paduan warnanya yang sesuai adalah dua aspek penting dalam merubah interior rumah. Tidak hanya baik, namun juga nyaman dan enak dipandang. Berikut adalah tiga tips memilih jenis cat tembok terbaik untuk rumah.

1. Memilih yang Berkualitas


Walaupun mempunyai warna yang beragam dan indah, tidak semua produk tersebut tahan dipakai untuk waktu yang lama atau awet. Kualitas dari produk cat sangat mempengaruhi berapa lama cat itu dapat bertahan. Tentu diperlukan adanya jenis tembok yang berkualitas dan awet untuk mempercantik interior. Karena hampir sepanjang hari cat menjadi sesuatu yang dilihat sepanjang waktu. Setiap orang pasti menginginkan agar catnya tidak mudah pudar atau selalu terlihat baru setiap hari, sehingga setiap dipandang selalu dapat mempertontonkan keindahan.

Kita dapat menilai sendiri mana produk yang berkualitas dan mana yang tidak. Apabila berkualitas rendah cat tembok akan gampang pudar serta mengelupas. Cat juga akan menutupi lapisan sebelumnya serta sulit melekat ketika disapukan ke tembok. Hal ini mengakibatkan harus ada pengulangan dalam proses pengecatan. Otomatis akan lebih banyak lagi uang yang dikeluarkan karena jumlah kaleng cat juga lebih banyak yang dihabiskan.

Adapun cat yang memiliki kualitas tinggi dapat menghasilkan daya tutup serta sebar yang merata. Semakin tinggi kualitas dilihat dari bahan resin yang digunakan untuk dasar campuran. Baiknya resin yang terkandung dapat menjadikan cat bisa melekat di tembok dengan baik. Sekaligus juga menjadikannya tidak mudah pudar, awet, serta akan selalu terlihat seperti baru.

2. Memahami Cara Penggunaan


Hampir di setiap kemasan produk selalu tercantum aturan penggunaan. Memahami aturan tersebut sangat penting untuk dilakukan agar cat yang akan digunakan dapat maksimal digunakan. Beberapa hal berikut dapat dipraktekkan untuk memaksimalkan penggunaan cat tembok.

  • Harus memastikan tembok dalam keadaan bersih serta kering. Anda wajib membersihkan semua kotoran maupun debu yang menempel pada cat. Dapat menggunakan fungcidial wash (penghilang jamur) dan juga kaporit 10 % untuk menghilangkan semua kotoran mulai dari lumut, jamur, dan lain sebagainya.
  • Lakukan pengamplasan untuk menghilangkan cat lama yang sudah berkapur. Apabila ada yang berlubang atau retak. Bisa memakai adukan pasir dan semen untuk menambalnya.
  • Usahakan selalu tutup kembali wadah cat rapat-rapat, agar tidak gampang kering serta dapat dipakai kembali untuk waktu yang akan datang.

3. Memilih Cat yang Sehat


Badan Kesehatan Dunia menjelaskan jika dampak merkuri sangat berbahaya bagi manusia karena dapat berpotensi terkena penurunan kecerdasan otak anak, Alzheimer, gangguan saraf, penyakit jantung hingga kanker. Hal ini penting untuk diperhatikan guna menghindari produk cat tembok yang mengandung merkuri di dalamnya. Jika ingin mengetahui kandungan merkuri, dapat dilakukan dengan cara mengukur senyawa organiknya. Senyawa ini jika berlebihan akan merubah cat sebagai zat yang dapat merusak kesehatan.

Demikian tips-tips memilih jenis cat tembok yang baik untuk rumah. Silahkan kunjungi asianpaints.co.id untuk mendapatkan cat sesuai dengan kriteria di atas.

Halaman

Copyright © 2019

Irfan Syahputra