NEX Datacenter Penyedia Layanan Data Center Terbaik

Baca juga:

Perusahaan yang menyediakan layanan penyimpanan data kini mulai banyak jumlahnya. Hal ini karena jasa tersebut sangat dibutuhkan terutama oleh instansi pemerintahan yang ingin severnya bisa terjaga keamanannya. NEX Datacenter sudah beroperasi semenjak tahun 1995. Pusat data ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan kemudahan mengakses data baik dari pusat maupun cabang. Ruangan yang dipergunakan sebagai pusat data dilengkapi dengan fitur yang modern seperti pendingin ganda, catu daya bertenaga besar, sistem proteksi berlapis, hingga jaringan internet super cepat.

NEX Datacenter

Fasilitas yang Disediakan oleh NEX Datacenter


Untuk membuat sebuah data center diperlukan modal yang sangat banyak sebab komponen yang harus dipersiapkan cukup bervariasi. Karena itulah bagi pebisnis yang masih dalam tahap berkembang, mereka lebih suka menyewa rak atau bahkan menitipkan server ke pusat data yang sudah terpercaya. Pemilihan penyedia jasa tersebut tidak bisa sembarangan, harus melihat kredibilitasnya seperti NEX Data center in Indonesia. Server yang berisikan data penting akan disimpan pada sebuah tempat yang aman dan memenuhi standar keamanan baik dari pencurian maupun bencana alam. Adapun komponen yang disediakan oleh datacenter tersebut adalah:

1. Ruangan berpendingin ganda

Server membutuhkan ruangan berpendingin khusus agar kondisinya tetap stabil dan tidak mudah rusak. Karena kerjanya yang sangat keras, maka jika tidak ditaruh dalam tempat yang suhunya rendah dikhawatirkan dapat mengalami overheat. Jika ini terjadi, bisa berdampak buruk pada sulitnya mengakses data sebab server mengalami masalah sehingga prosesnya tidak berjalan lancar.

2. Catu daya bertenaga besar

Ruang penyimpanan NEX Datacenter memberikan jaminan server yang disimpan disana tidak akan mengalami shut down baik karena terjadi pemadaman atau faktor alam seperti bencana banjir. Pusat data tersebut sudah dilengkapi dengan catu daya yang mampu memberikan pasokan listrik dalam jumlah besar sehingga server bisa diakses terus menerus. Jika sering mati, maka kondisi server tidak akan maksimal dan dapat mengakibatkan kerusakan terlebih jika pemadaman terjadi secara mendadak.

3. Keamanan berlapis

Data center berfungsi untuk menjaga keamanan data sehingga tidak bisa bocor keluar. Selain itu juga memberikan jaminan tidak akan rusak dan dapat diakses dengan mudah. NEX memiliki keamanan yang berlapis serta staff IT yang sudah profesional. Proteksi dilakukan dengan pemasangan CCTV yang terus aktif serta tenaga pengaman yang selalu menjaga ruangan. Perawatan dilakukan berkala agar kondisi server dalam keadaan yang maksimal. Berapapun jumlah data yang akan disimpan tidak akan mempengaruhi kinerja server.

4. Jaringan internet

Untuk memudahkan mengakses data pada sebuah server, dibutuhkan jaringan internet yang berkecepatan tinggi. NEX Datacenter menyediakan fasilitas tersebut karena menyadari pentingnya data bagi sebuah perusahaan. Jika server mengalami masalah karena sulit diakses bisa memberikan kerugian yang cukup besar dan berdampak pada kinerja perusahaan secara umum. Sebab itulah pusat data harus dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi sehingga server dapat dijangkau dengan gampang oleh beberapa pengguna sekaligus. Pada bisnis online yang medianya menggunakan website, fasilitas ini sangat dibutuhkan supaya kinerja toko online bisa lebih maksimal dan mudah dibuka.

Beberapa fasilitas yang disebutkan diatas merupakan faktor penting yang wajib dimiliki oleh pusat data. Tidak hanya menjamin server dalam kondisi aman, tapi juga memberikan kemudahan akses kapanpun dibutuhkan. NEX Datacenter tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar dan instansi pemerintahan saja, pebisnis yang masih berkembang tidak ada salahnya menggunakan layanan ini agar produktivitas semakin meningkat tanpa kendala server down dan data mengalami kerusakan