4 Langkah Membeli Rumah yang Dijual di Surabaya

Dengan kesibukan masyarakatnya dan berbagai tempat hiburan, Surabaya adalah salah satu tempat yang paling menarik di Indonesia untuk dihuni. Juga sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya juga memiliki stadion sepakbola yang besar yang digunakan oleh berbagai tim sepakbola di dunia, serta merupakan industri yang menarik perhatian banyak turis. Juga sebagai kota pelabuhan, Surabaya terletak di garis pantai. Kota ini memiliki jalanan yang menarik, pusat perbelanjaan yang besar, dan berbagai fasilitas lainnya yang membuat kota ini seakan-akan hidup. Akan tetapi, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan dengan hati-hati sebelum Anda menghuni kota yang sedang berkembang ini. Berikut adalah 4 langkah membeli rumah yang dijual di Surabaya.


1. Mengetahui Hal-hal yang terjadi di Surabaya


Surabaya adalah kota yang memiliki berbagai hal yang dapat menarik perhatian dari masyarakat domestik maupun mancanegara karena pusat perbelanjaannya. Tidak hanya itu, tahun 2016 adalah tahun dimana perkembangan transportasi umum terjadi di seluruh daerah kota ini. Berdasarkan laporan Tempo.Co, pembangunan infrastruktur kereta trem untuk mengatasi masalah lalu lintas akan dimulai tahun ini, karena perencanaannya telah disetujui secara administrasi. Pemerintah kota hendak berinvestasi untuk memperkuat sektor tranportasi kereta bagi pekerja dan turis. Satu aspek penting yang mungkin akan menjadi pertimbangan ketika Anda hendak membeli rumah adalah kedekatannya dengan akses kereta. Jika Anda adalah penghuni asing dan sedang mencari tempat tinggal di kota ini untuk kepentingan bisnis atau sekedar mengisi waktu luang, perlu diketahui bahwa Surabaya adalah kota metropolitan dengan bandar udara yang memiliki berbagai tujuan penerbangan ke negara-negara asia. Di kota ini juga terdapat 2 stasiun kereta utama yang menghubungkan Surabaya dengan kota-kota sekitar. Kapal penumpang yang keluar-masuk Surabaya mungkin menjadi hal terpenting. Karena kota ini adalah kota pelabuhan, kapal memberikan keuntungan dan menjadi cara lain untuk bepergian yang tidak akan Anda temukan di tempat lainnya. Taksi dan minibus juga mudah ditemui. Tidak seperti daerah pedesaan yang membuat Anda sulit untuk berpergian, Surrabaya dan sekitarnya adalah kota hunian kelas dunia dengan banyak fasilitas.

4 Langkah Membeli Rumah yang Dijual di Surabaya

2. Cara Mencari Rumah


Pertanyaan pertama yang akan Anda tanyakan pada diri sendiri adalah bagaimana cara mencari rumah yang dijual di kota ini. Jawabannya adalah dengan melakukan pencarian dengan kata kunci “rumah dijual di Surabaya” pada situs Rumah dan melihat berbagai penawaran yang muncul. Terdapat ribuan penawaran rumah yang memberikan Anda berbagai alasan untuk membelinya. Tetapi, Anda perlu memastikan bahwa rumah yang Anda pilih untuk dilihat, cocok dengan kebutuhan Anda.

Hal penting yang perlu diingat adalah letak geografis, denah rumah, dan luas tempat yang Anda butuhkan. Pencarian secara online memberi anda keuntungan untuk menyaring penawaran berdasarkan lingkungan tinggal, rentang harga, dan denah rumah. Dengan tujuan agar tidak membuang waktu, Anda sebaiknya hanya melihat penawaran yang memiliki foto. Ini adalah cara yang mudah dan sederhana untuk mengeliminasi penawaran apapun yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Kebanyakan hunian melibatkan peran jasa agen properti, sehingga Anda perlu menghubungi agen tersebut untuk melihat huniannya. Jangan tertipu dengan penataan rumah ataupun mebelair ketika melakukan pengamatan baik secara online maupun secara langsung, karena hal-hal itu tidak akan Anda temukan lagi ketika Anda pindah ke hunian ini. Anda harus memastikan bahwa anda dapat membayangkan diri Anda jika berada di hunian itu dan Anda tidak terayu oleh dekorasi interior atau penataan ruang.

Anda juga perlu mempertimbangkan ruang, ukuran, dan denah ruang. Hal utama yang membedakan rumah dengan apartemen adalah denah ruang. Rumah memiliki ukuran yang lebih besar serta konstruksi yang berbeda jika dibandingkan dengan apartemen atau kondominium. Pastikan Anda melihat berbagai denah ruang yang ada di pasaran, lalu putuskan bagaimana Anda dan keluarga Anda dapat cocok didalamnya. Sebagai contoh, jika membutuhkan ruang terpusat untuk pertemuan, maka rumah dengan denah ruang terbuka lebih baik dari denah ruang dengan kamar-kamar yang saling berhubungan. Hal ini menjadi bermacam-macam karena perkembangan hunian saat ini, terutama karena pengembangan properti baru yang terjadi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Garis besarnya adalah Anda akan menemukan berbagai pilihan, sehingga Anda perlu memastikan dengan melihat segalanya sebelum mengambil keputusan. Anda tidak ingin melewatkan rumah yang tepat hanya karena Anda memutuskan untuk tidak melihat penawaran terbaik yang Anda lihat.


3. Apa yang Terjadi dalam Pasar


And tidak perlu menjadi seorang ahli dalam bisnis atau properti untuk mengamati segala hal yang terjadi dalam sektor properti, walaupun Anda hanya sesekali melakukan pengamatan. Sebagai contoh yang terjadi saat ini, Indonesia-Investments melaporkan bahwa pemerintahan yang baru, dengan memprakarsai sektor real estat Indonesia akan menyebabkan peningkatan daya beli masyarakat akan hunian di pertengahan tahun 2016. Hal ini berarti pembelian dan permintaan akan mengalami peningkatan, karena sebelumnya sektor ini mengalami kemerosotan. Kenyataannya, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang mengalami hal demikian, karena hal-hal tersebut juga dialami oleh pasar properti di negara-negara Asia lainnya. Terdapat berbagai peluang yang cocok dengan kriteria Anda ketika mencari rumah yang dijual. Tetap pastikan bahwa Anda membeli di waktu yang tepat.


4. Faktor-faktor Jangka Panjang untuk Dipertimbangkan


Walaupun kebanyakan orang lebih memikirkan bahwa mereka cukup membeli rumah sekali, pemikiran itu tidak selalu tepat. Entah karena Anda memiliki pekerjaan baru atau keluarga Anda yang semakin besar, atau juga Anda bosan tingga di hunian Anda sekarang, Anda tetap harus memikirkan nilai jual dari rumah Anda. Hal ini tidak berarti Anda menghargai rumah dan seisinya, tetapi menghargai hal yang mendasar. Sebagai contoh, Apakah Anda perlu melakukan perbaikan dinding? Bagaimana kondisi lantai rumah? Apakah kelengkapan pada kamar mandi dan dapur masih baru? Semua ini adalah pertanyaan-pertanyaan dasar yang relevan untuk dan tepat untuk ditujukan pada rumah baru yang akan Anda beli.

Mencari rumah di Surabaya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda sebenarnya dapat Anda lakukan, tetapi Anda memerlukan informasi dan pemahaman akan hal ini. Pastikan Anda mengetahui dengan pasti tempat tinggal yang Anda inginkan, apa saja faktor yang mempengaruhi, ukuran tempat tinggal yang cocok dengan barang-barang rumah tangga Anda, dan bekerja sama lah dengan konsultasi keuangan ketika berurusan dengan penawaran hipotek. Terdapat banyak kemajuan yang terjadi beberapa tahun ini, yang dilakukan oleh pemerintahan pemerintahan Indonesia untuk mendukung daya beli akan properti hunian, membuat tahun ini sebagai tahun yang baik untuk membeli rumah. Hanya dengan beberapa langkah sederhana dan pemahaman yang baik akan hal yang Anda harapkan dari kota Surabaya, maka Anda akan berada pada jalur yang tepat untuk menemukan hunian ang dapat anda nikmati selama tahun-tahun berikutnya.

Posting Komentar

Copyright ©