17 Mei 2014

Cara Mudah Submit Blog ke Bing Webmaster Tools

Search engine masih menjadi pondasi utama sebagai keberhasilan suatu blog. Karena dengan search enginelah suatu blog tersebut dapat dikunjungi sesuai dengan keyword yang diisi dalam search engine tersebut. Ada banyak sekali search engine diantara yang paling terkenal adalah Google, Yahoo, maupun Bing yang dikelola langsung oleh Microsoft.

Logo Bing


Saat ini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar blog kamu tampil atau terindeks oleh search engine Bing. Ini sangat penting selain Google dan Yahoo, bisa saja blog kamu tidak tampil pada halaman pertama Google dan Yahoo tapi dalam search engine Bing kamu bisa menjadi yang nomor satu. Dengan syarat juga harus dilalui dengan usaha yang maksimal.

Namun, sebelum kamu mendaftkan blog kamu ke Bing, kamu harus memiliki Akun Microsoft terlebih dahulu. Artikel terkait : Cara Mudah Daftar atau Membuat Akun Microsoft

Dibawah ini adalah cara mendaftarkan suatu blog ke Bing Webmaster. Silahkan ikuti tutorial ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Masuk ke Bing Webmaster Tools. Lalu klik Sign in.

Bing Webmaster Tools


2. Secara otomatis kamu akan menuju ke halaman Login Bing. Silahkan isi email dan password kamu lalu klik Masuk.

Login Bing


3. Kamu akan masuk ke Dashbord Bing Webmaster.

Dashbord Bing Webmaster


4. Ini adalah yang terpenting dalam proses submit atau index blog kamu ke Search Engine Bing. Silahkan klik Add Your Site.

Add your site Bing Webmaster


5. Kamu akan masuk kedalam formulir pendaftaran untuk Blog kamu silahkan isi data-data sesuai dengan yang kamu miliki.

6. Silahkan isi URL blog kamu, jangan lupa menambahkan sitemap. Contoh sitemap yang saya gunakan adalah /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Add a Site Bing Webmaster


7. Isi data-data pribadi kamu diantaranya adalah nama awal dan nama akhir dan disana ada kolom email yang secara otomatis terisi.

8. Selanjutnya isi Job Role (Pekerjaan) sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Company or organization Name {Nama Perusahaan) dan Company or organization size. Sesuai dengan contoh pada screenshot dibawah ini saya isi sesuai dengan nama Blog Saya. Jangan lupa untuk memilih Industry atau kategori dalam blog kamu.

9. Isi nomor telepon, kota tempat tinggal, provinsi, kode pos, dan negara sesuai dengan tempat tinggal kamu.

About Me Bing Webmaster


10. Lanjutkan dengan pencentangan sesuai dengan yang kamu inginkan.

11. Jika semua formulir pendaftaran sudah selesai silahkan klik Save.

Form Bing Webmaster


12. Tunggu proses loadingnya, selanjutnya kamu akan masuk dalam proses verifikasi kode meta tag ke dalam template kamu. Caranya : Copy kode Meta Tag tersebut → ke Dashbord Blogger pilih Template → Edit HTML → Paste kode Meta Tag tersebut tepat dibawah kode <head>  →  Save

13. Kembali ke Bing, silahkan scroll ke bawah lalu cari kata Verivy yang terletak bawah kiri. Klik Verify.

14. Tunggu proses loadingnya, maka kamu akan kembali ke Dashbord Bing Webmaster.

15. Selesai.

Silahkan tunggu proses pengindexan blog kamu pada search engine Bing. Tidak lama maka blog kamu akan terindex di Search Engine Bing.


Terimakasih telah membaca Cara Submit Blog ke Bing Webmaster Tools. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika Anda menemukan sebuah masalah atau jika Anda memiliki masukan buat kemajuan Blog ini silahkan berkomentar dengan baik dibawah ini.

Cara Mudah Submit Blog ke Bing Webmaster Tools

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top