31 Januari 2017

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan penjelasan yang bersifat khusus kemudian diakhiri dengan kalimat utama dan memuat pernyataan yan bersifat umum. Dalam paragraf ini mula-mula dikemukakan fakta ataupun uraian-uraian. Kemudian, dari fakta itu penulis menggeneralisasikanya.

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif


Contoh 1

Vitamin A berfungsi untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A juga menjaga kesehatan sel pada berbagai macam struktur mata dan diperlukan untuk transfer cahaya menjadi tanda-tanda syaraf di retina. Kemudian kandungan vitamin yang terkandung dalam buah adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung serta metabolisme karbohidrat serta berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker. Lalu dalam buah juga terkandung vitamin C yang berguna untuk membantu imunitas. Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik. Itulah beberapa macam vitamin yang terkandung dalam buah berikut manfaatnya.

Contoh 2

Rumah sakit tipe A merupakan rumah sakit umum yang menjadi pusat rujukan tertinggi karena memiliki pelayanan medis yang lengkap dengan tenaga dokter spesialis dan subspesialis dari semua bidang dan alat-alat pemeriksaan laboratorium dan radiologi yang mutakhir. Pada umumnya, rumah sakit tipe A terdapat di ibu kota provinsi dan digunakan sebagai pusat pendidikan. Rumah sakit tipe B merupakan rumah sakit yang memiliki tenaga dokter spesialis dari semua bidang. Rumah sakit tipe C merupakan rumah sakit umum yang memberikan pelayanan kesehatan dengan tenaga dokter umum, gigi, penyakit dalam, kebidanan, bedah, dan kesehatan anak. Rumah sakit tipe ini biasanya terdapat di kabupaten atau kotamadya. Sementara itu, rumah sakit tipe D adalah rumah sakit yang hanya memberikan pelayanan kesehatan umum dan gigi. Indonesia sudah memiliki keempat jenis tipe rumah sakit tersebut.

Contoh 3

Sesedikit mungkin metode di kelas merupakan prinsip class minimality rule. Kelas tidak boleh memiliki metode redundan sehingga satu cara dilakukan dengan beberapa cara. Meski demikian, metode yang ada di kelas tidak boleh kurang di mana kelas sampai tidak memiliki metode-metode yang memang diperlukan untuk mengemban tanggung jawab kelas. Kelas disebut kompak bila metode-metode di kelas adalah seminimal mungkin yang telah memadai mengemban tanggung jawab kelas.

Contoh 4

Sebaiknya brokoli dimasak atau direbus dengan air mendidih dalam kondisi setengah matang. Tambahkan garam untuk membunuh kuman, lalu tiriskan sebentar. Siram brokoli dengan air dingin. Fungsi air dingin untuk mempertahankan warna dan memperlambat pemasakan brokoli. Dalam kondisi seperti ini, brokoli dapat disimpan 2-3 hari dalam lemari pendingin dan aman dikonsumsi. 

Contoh 5

Karya sastra merupakan hasil olahan imajinasi pengarangnya. Pengarang harus membebaskan imajinasinya agar hasil karyanya berkualitas. Tanpa daya imajinasi, mustahil seorang pengarang berhasil menciptakan sebuah karya sastra bernilai tinggi. Oleh karena itu, imajinasi merupakan aspek penting dalam proses penciptaan karya sastra. 

Contoh 6

Setelah hasil ujian farmakologi mahasiswa farmasi semester dua dibagikan, ternyata Andi, Budi, Chandra dan Dony mendapatkan nilai sembilan. Mahasiswa lain hanya kebanyakan hanya mendapat nilai delapan. Hanya satu orang yang tidak mendapatkan nilai karena sedang sakit ketika ujian berlangsung. Maka dari itu, bisa kita simpulkan bahwa mahasiswa farmasi semester dua cukup memahami terhadap mata kuliah farmakologi.

Contoh 7

Alam raya yang kita ketahui beroperasi dengan teratur, sama halnya dengan sebuah mesin. Bintang, planet dan satelitnya serta jutaan benda langit lainnya berorbit dengan teratur dalam keteraturan, seperti roda mesin yang berputar dengan teratur. Mesin yang presisi tersebut dibuat oleh manusia. Tidakkah aneh jika semesta yang luar biasa ini tidak ada penciptanya? Tentu saja ada penciptanya; Sang Maha Pencipta dan Maha Berkuasa; Allah SWT. Mesin yang dibuat dengan penuh harapan tentu si pembuatnya sangat sayang. Begitu pula dengan Allah SWT yang sayang dengan hamba-hambanya yang beriman dan bertaqwa.

Sumber: http://www.needsindex.com/12222212/contoh-paragraf-induktif-terlengkap.php

Contoh 8

Bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apa saja, selain itu sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil dari bertanam hidroponik tidak kalah dengan penanaman langsung di tanah. Meskipun begitu biaya awal untuk membuat sistem hidroponik memang agak mahal, tapi ini bisa diakali dengan menggunakan bahan-bahan bekas disekliling. Itulah manfaat dan kekurangan sistem bertanam hidroponik

Sumber: http://www.smansax1-edu.com/2015/03/contoh-paragraf-induktif-singkat.html

Contoh 9

Pada awalnya kehidupan manusia sangatlah primitif dan serba sederhana. Namun, seiring berjalannya waktu, manusia mulai menggunakan akal dan pikirannya untuk mengubah kehidupannya. Mereka mulai berpikir dan memperhatikan apa yang ada di sekitar mereka, sehingga terciptalah ilmu-ilmu yang baru dan sangat bermanfaat. Dengan bermodalkan ilmu-ilmu pengetahuan tersebut, manusia merubah kehidupannya ke arah yang lebih modern sehingga terciptalah transportasi-transportasi modern, sistem-sistem politik modern, alat-alat yang canggih dan masih banyak lainnya. Bahkan dengan ilmu, kini mereka bisa terbang ke angkasa, suatu hal yang awalnya tidak mungkin terpikirkan sama sekali. Oleh karena itu, ilmu sangat berperan besar dalam membuat kehidupan manusia menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Contoh 10


Asap rokok sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung zat-zat beracun, seperti karbon monoksida. Selain itu, di dalam batang rokok juga ditemukan berbagai macam racun yang sangat berbahaya, diantaranya adalah nikotin, merkuri, bahkan ada juga bahan racun yang sejatinya digunakan sebagai bahan baku roket. Apabila zat-zat beracun ini terhirup dan masuk ke dalam tubuh manusia secara terus-menerus akan membuat kerusakan pada bagian paru-paru bahkan menyebabkan kematian. Terlebih lagi, rokok juga memiliki zat lain yang tak kalah mengerikan, yaitu, Tar. Bahan ini merupakan abu sisa pembakaran rokok. Jika Tar masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan menyebabkan penyakit yang disebut dengan kanker paru-paru. Oleh karena itu, rokok sangat membahayakan kesehatan manusia bahkan bisa juga menyebabkan kematian.

Contoh 11


Siapa yang tidak mengenal salah satu jenis pohon yang satu ini, Batang pohonnya bisa dijadikan papan atau kayu yang digunakan untuk bahan bangunan seperti rumah, jembatan dan lain-lain. Selain itu, daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sapu lidi dan bahan bakar. Tidak hanya itu, buahnya juga dapat dimanfaatkan baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Buah yang masih muda dapat diminum airnya dan diambil dugannya, sedangkan buah yang telah tua dijadikan sebagai campuran untuk membuat sayur. Tidak hanya sampai di sini, bahkan akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Itulah sebabnya pohon kelapa disebut dengan pohon serbaguna.

Sumber : http://www.prbahasaindonesia.com/2015/09/5-contoh-paragraf-induktif-menarik-dan-terbaru.html

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+
Back To Top